PLTP Mataloko

DEPOK (eNBe Indonesia) – Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah tujuan wisata favorit, namun infrastruktur di wilayah tersebut masih sangat kurang. Pada 2018, rasio listrik di NTT hanya mencapai 57%, terendah di seluruh negeri. Penduduk NTT sebagian besar mengandalkan generator yang dipasok oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sangat memperhatikan kondisi ini. Mereka telah mendorong pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal), matahari, dan air. Potensi panas bumi di NTT sangat menjanjikan.

NTT memiliki 1.276 MW kapasitas listrik, dimana 776 MW berada di Flores. Mengacu pada Keputusan Menteri ESDM 2268 K/30/MEM/2017, dari 12 calon daerah panas bumi, tiga telah memperoleh status wilayah kerja panas bumi (WKP), yaitu, Ulumbu, Mataloko, dan Sokoria.

Beberapa tahun yang lalu, NTT telah merencanakan PLTP Sokoria di Kabupaten Ende yang mampu menghasilkan 30 MW. Kontraktor PT Sokoria Geothermal Indonesia akan berinvestasi US$ 22,5 juta. Sementara PLTP Mataloko dengan kapasitas 2 × 4,5 MW dikembangkan oleh PLN. Ada juga PLTP Ulumbu di Kabupaten Manggarai, juga dikembangkan oleh PLN. PLTP Mataloko dan PLTP Ulumbu sudah beroperasi, sedangkan PLTP Sokoria masih menunggu perjanjian tarif dengan PLN.

Untuk meningkatkan elektrifikasi Flores, bagian Penelitian dan Pengembangan dari Kementerian ESDM telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Panas Bumi Indonesia Timur untuk mengembangkan energi panas bumi di Flores. Geothermal Indonesia Timur adalah konsorsium yang terdiri dari, antara lain, North Tech Energy, Turboden SpA, dan SATE Ltd.

Badan geologi Islandia, ISOR dan HIVOS berkontribusi pada proyek ini. ISOR akan melakukan kegiatan pemetaan terkait, sedangkan HIVOS akan bekerja pada sisi kesiapan masyarakat. North Tech Energy (NTE) BV memasok ekuitas dan layanan. Turboden SpA menyediakan turbin dan teknologi lainnya. Infunde Capital bertindak sebagai koordinator. Konsorsium akan menggunakan metodologi pengeboran lubang ramping yang diyakini sebagai pilihan yang efisien. Turbin yang digunakan adalah turbin wellhead.

(sumber: yosefardi.com)