KUPANG (eNBe Indonesia) – Pemerintah Provinsi NTT berharap, agar keberhasilan Program INOVASI di Sumba bisa direplikasi oleh 17 kabupaten/kota lainnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebagai mitra koalisi, Pemprov NTT siap untuk terus bekerjasama dengan Pemerintah Pusat dan Kedutaan Besar Australia.

Demikian kata Asisten Bidang Pemerintahan, Jamaludin Ahmad saat membacakan sambutan Gubernur NTT dalam pertemuan tim pembina Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) di Aula Fernandez, Kantor Gubernur NTT kemarin (27/6).

Pertemuan terkait program pendidikan, kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia itu, mengusung tema ‘Kesiapan kabupaten sedaratan Sumba dalam pelembagaan hasil rintisan INOVASI, guna peningkatan hasil belajar anak-anak.’ Forum tersebut membahas kesiapan empat kabupaten di daratan Sumba dan Forum Peduli Pendidikan Sumba (FPPS) untuk mengambil-alih hasil rintisan program, yang sudah berjalan selama 18 bulan.

Kegiatan-kegiatan tersebut telah membuahkan hasil yang baik, bagi peningkatan kompetensi guru maupun peningkatan mutu proses pembelajaran. Sebagai bentuk dukungan, keempat kabupaten sedaratan Sumba saat ini telah mengalokasikan dana pendampingan. Dukungan tersebut diperuntukan bagi pembiayaan mandiri, perluasan penerapan program rintisan ke sekolah atau gugus lain, di luar mitra INOVASI.