Laporan Rofin Selawolo

NAGEKEO (eNBe Indonesia) – Wakil Gubernur (Wagub) NTT Josef Nai Soi menyentil soal ada kado terindah dari pemerintah pusat yang bakal diterima Unipa dalam waktu dekat. Pemkab Sikka dan komponen Unipa memang memperjuangkan kado itu (menjadikan Unipa sebagai kampus negeri-red). Wagub menyentil ini di acara Wisuda 397 sarjana dan diploma 3 tahun akademik 2018-2019 pada Senin (2/9).

Ketua Yayasan Unipa Sabinus Nabu mengatakan dunia kerja telah menyerap 3957 sarjana tamatan Unipa dalam 11 angkatan lulusan perguruan tinggi, dengan rata-rata masa tunggu kerja 3-6 bulan. Unipa sudah berkarya selama 14 tahun.

Sejak Mei 2015 muncul wacana Unipa sedang menuju Universitas Negeri. Jelang berlangsungnya akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN), Unipa membangun auditorium dan 8 ruang kuliah. Publik Sikka justru prihatin karena Unipa selalu jadi trending topik ketika terjadi perhelatan politik di Kabupaten Sikka. Ada dugaan jika tarik menarik kepentingan para elite Unipa terkait dengan wacana Unipa di-negerikan.

Dunia pendidikan akan rusak bila dipergunakan sebagai alat politik pihak tertentu. Maka penting menjaga Unipa agar tidak terseret di pusaran politik. Praktik KKN, audit keuangan, transparansi manajemen keuangan, masih jadi sorotan bagi Unipa.

Beberapa poin yang mesti diingat. Para Dosen dan pegawai di Unipa Maumere sudah menandatangani pakta integritas yang menyatakan kesediaan agar tidak akan menuntut dijadikan PNS apabila Unipa sudah berstatus Universitas Negeri di kemudian hari.

Hubungan antara Pemkab dan Unipa mesti diperjelas, bukan sebaliknya diperkeruh karena Pemkab punya andil untuk berdirinya Unipa. Semangat awal adalah agar Maumere memiliki kampus dengan biaya kuliah murah. Faktanya, biaya perkuliahan di Unipa Maumere terbilang mahal jika dibandingkan dengan Universitas atau Sekolah Tinggi yang ada di Kabupaten Sikka.

Unipa sudah semakin dewasa dan tentu semakin menjadi, karena telah meraih status akreditasi institusi (akreditasi kampus) dengan nilai “B”, luar biasa dan patut diapresiasi. Jangan ragu lagi untuk memilih kuliah di Unipa.