DEPOK (eNBe Indonesia) – Komunikasi lisan menjadi suatu kemewahan yang hanya mampu dilakukan dengan orang yang paling dekat. Dalam lingkaran komunikasi yang lebih luas, pilihan komunikasi melalui berbagai perangkat teknis sudah menjadi tren dan bahkan kebutuhan global.

Messenger telah lama menggantikan SMS, dan pemain baru di pasar ini – messenger Gem4me – sekarang secara aktif bersaing untuk memiliki kemampuan yang paling mudah, cepat dan effisien dalam menyampaikan pikiran, perasaan dan keinginan pengguna atau antar pengguna.

Di dunia modern, messenger secara aktif menggerogoti jumlah pembicaraan lewat telepon. Pendapatan operator dari layanan suara, seperti telepon, sedang turun selama beberapa tahun, sementara konsumsi pengguna jalur Internet, termasuk melalui messenger popular tumbuh secara pesat, yang menunjukkan perubahan mendasar dalam struktur komunikasi. Di satu sisi, komunikasi beralih dari pesan suara ke teks dan audio. Keunggulan lainnya adalah bahwa melalui messenger pengguna tidak hanya berkorespondensi, tetapi juga mampu membuat panggilan gratis. Ini terutama berlaku untuk panggilan internasional. Kecenderungan ini yang telah mendorong setiap jaringan sosial dan setiap operator telekomunikasi dalam mengembangkan aplikasi messenger mereka sendiri.

Pada tahun 2016, versi paling awal dari messenger baru muncul – Gem4me MarketSpace, yang bukan milik operator mana pun, tetapi dikembangkan dengan modal dari investor independen termasuk lewat metoda pendanaan massal (crowd funding). Messenger ini tersedia di Android, iOS dan juga sebagai versi Web. Hingga saat ini, lebih dari 10 juta pengguna telah menginstal messenger Gem4me ini.

Fungsi dasar Gem4me mencakup semua elemen yang dibutuhkan pengguna modern saat ini untuk komunikasi dengan nyaman: obrolan maupun diskusi dalam grup dan individu, obrolan publik dengan jumlah orang yang tidak terbatas, obrolan individu dengan bahasa yang berbeda, pesan suara, komunikasi suara, pengiriman semua file, stiker dll.

Fitur khas dari aplikasi ini adalah bahwa Gem4me diposisikan sebagai “messenger rakyat.” Atas dasar crowd funding, siapa saja dengan modal minimal dapat menjadi investor proyek, yang ditawari saham perusahaan dan partisipasi langsung dalam pengembangan dan pengujian messenger.

Pengembang utama messenger tersebut adalah Synesis, sebuah perusahaan IT internasional dengan pusat pengembangan di Minsk, yang memiliki spesialisasi dalam mengembangkan platform untuk memantau keselamatan publik dan mengelolaa cara publik, mengembangkan game online, aplikasi HP, dan chat bot serta melakukan penelitian sendiri di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligent), penyimpanan dan pemrosesan Big Data (Big Data Procesing).

Tujuan penciptaan Marketplace adalah memberi kemungkinan perusahaan dari setiap tingkat dan pengusaha individu untuk dengan mudah membuat toko mereka sendiri dan dengan demikian mendapatkan akses ke audiens baru dan pelanggan baru, termasuk di luar negara atau wilayah mereka sendiri. Pelanggan, pada gilirannya, mendapatkan kesempatan untuk memilih barang dan jasa berdasarkan geolokasi mereka, dan berkat kehadiran seorang kurir – kesempatan unik untuk berkomunikasi langsung dengan penjual, kemampuan untuk memilih barang dan jasa berdasarkan peringkat dan ulasan dari yang lain pelanggan.

Dalam waktu dekat, menurut pengembang, messenger akan memiliki kesempatan untuk mentransfer dana secara instan dan aman, serta fungsionalitas lain yang sedang dikerjakan. Pengembang juga menyatakan pengembangan layanan streaming yang merupakan elemen yang relevan dari komunikasi modern. Gem4me tidak melupakan aspek sosial – saat ini, kemungkinan penerapan fungsi untuk orang-orang tuna netra sedang dipelajari.

Seperti Telegram, Gem4me memiliki saluran informasi tematik yang dapat digunakan siapa saja untuk berlangganan dan menerima berita yang relevan di bidang yang diminati. Intinya, ini adalah versi baru dari media yang jauh lebih nyaman bagi pengguna yang menghargai waktunya.

Jika Anda ingin menguji messenger Gem4me MarketSpace secara pribadi, Anda dapat mengunduhnya ke smartphone Anda dari Google Play atau AppStore. Anda juga dapat menggunakan versi web untuk PC Anda di web.gem4me.com.

Jika ingin bergabung sebagai crowd investor dapat menghubungi Indonesia Country Leader: Edwin Soru, email edwin.soru@gmail.com. Dr.Ing Ignatius Iryanto, CSRS (email ignatiusiryanto28@gmail.com)