Laporan Rofin Selawolo

NAGEKEO (eNBe Indonesia) – Tim PSN Ngada akhirnya sukses di turnamen Liga 3 regional (Grup C), bersama Persigo Semeru, melangkah ke ajang Liga 3 Nasional (16 besar/32 tim), mulai bertarung pada 12 Desember 2019. PSN Ngada dan Persigo Semeru sama-sama mengumpulkan 16 poin, namun PSN Ngada kalah selisih gol dan melangkah ke Liga 3 Nasional/Indonesia sebagai runner-up.

PSN bermain 8 kali, menang 7 kali dan satu kali kalah. Yoris Nono menempatkan diri sebagai top skor dengan perolehan 9 gol, berikut Ota Pone (kapten) dengan 6 gol. Tiga tim lainnya di Grup C adalah Celebest FC (9 poin), Gresik United (8), dan Perssu Sumenep (6).

Masyarakat NTT umumnya, dan Flores khususnya, tentu berbangga karena PSN Ngada berhasil mengharumkan NTT dan Flores dalam kancah persepakbolaan nasional.

Bupati Ngada Paulus Soliwoa berharap pemerintah propinsi NTT dan Asprov PSSI NTT terus memberi dukungan finansial bagi PSN untuk bertarung di Liga 3 Nasional. Sejauh ini, PSN Ngada mendapat dukungan dari Bank NTT.

Sejumlah 370 tim berjuang dalam Liga 3 Nasional dan PSN Ngada telah menorehkan sejarah untuk kedua kalinya masuk pada babak 16 besar seperti tahun sebelumnya.

PSN Ngada menuju Liga 2 Nasional sudah di depan mata. Pemerintah Ngada, DPRD Ngada, masyarakat Ngada konsisten memberi dukungan penuh bagi PSN Ngada. Tim oranye dari kota dingin Bajawa ini tentu sangat butuh dukungan semua masyarakat NTT, agar PSN Ngada bisa naik level.

Pada 6 Desember 2016, PSN Ngada tampil gagah perkasa memenangkan pertandingan semifinal Liga Nusantara (Linus), versus Blitar United FC, dengan skor 3-1. Sayang PSN Ngada gagal menang di laga final kontra Persenden Bali pada 11 Desember 2019 di Stadion Manahan Solo.

PSN Ngada bisa belajar dari prestasi yang ditorehkan Persik Kediri. Tahun lalu, Persik Kediri satu grup dengan PSN Ngada di Liga 3 Nasional. Persik Kediri sukses masuk Liga 2 Nasional dan membuktikan sebagai tim terbaik dan nomor satu karena keluar sebagai jawara Liga 2 Nasional 2019. Tahun depan, Persik Kediri masuk berlaga di Liga 1 Nasional, mengancam posisi Bali United yang memastikan diri sebagai Juara Liga 1 Nasional tahun ini.

Babak Liga 3 Indonesia 2019 memperebutkan 6 tiket promosi ke Liga 2 musim depan. Drawing grup akan dilakukan besok Sabtu (7/12). Sebanyak 32 tim akan dibagi kedalam 8 Grup (masing-masing grup di isi 4 klub). Sistem pertandingan, setengah kompetisi (Home Tournament) di satu venue pertandingan. Juara dan Runner-up Grup akan lolos ke Babak 16 Besar. Kick-off babak 32 Besar pada Kamis, 12 Desember 2019.