DEPOK (eNBe Indonesia) – PSN Ngada Jakarta dan Garuda Kefa FC (TTU) menegaskan diri sebagai tim terbaik di turnamen Copa Flobamora Jakarta 2019, setelah mengalahkan lawan-lawan mereka di babak semifinal kemarin (15/12) di Gor Ciracas Jakarta Timur. PSN Ngada dan Garuda Kefa akan melakoni laga final pada Sabtu (21/12), berikut Manumeo FC (Malaka) versus Matim United (Manggarai Timur) untuk merebut posisi ke-3.

PSN Ngada menang tipis 1-0 atas Manumeo FC (Malaka) pada laga semifinal kemarin sementara Garuda Kefa mempecudangi Matim United (Manggarai Timur) dengan skor 2-1. PSN Ngada lebih beruntung bisa mencuri satu momen penting untuk menciptakan gol kemenangan.

Manumeo FC menampilkan permainan begitu aktraktif, merepotkan barisan pertahanan PSN bekal penampilan beberapa striker tajam dan trampil. Sayang korupsi waktu yang dilakukan wasit merugikan Manumeo FC.

Pengawas wasit menegaskan jika wasit menetapkan waktu pertandingan sesuai stopwatch, sementara tim pelatih, manajer dan ofisal Manumeo FC juga memantau lamanya pertandingan sesuai jam tangan.

Tim Manumeo FC sangat kecewa karena wasit tidak bisa mempertanggungjawabkan keputusannya menghentikan pertandingan lebih awal sekira 5 menit. Wasit menghentikan laga saat bola masih hidup (dalam permainan).

Tidak dijelaskan juga ikhwal durasi pertandingan, karena terjadi banyak insiden yang menunda permainan (delay). Anak-anak Manumeo FC sedang on-fire untuk menyamakan kedudukan, dan gol di injuri time tetap sebuah kesempatan besar. PSN Ngada melesakkan gol juga persis di injury time babak pertama.

Apresiasi untuk tim Malaka, akhirnya Malaka menerima hasil pertandingan kontra PSN setelah memberi banyak catatan dan kritikan kepada panitia penyelenggara, semata-mata untuk memajukan mutu sepak bola NTT berikut membentuk karakter positif generasi muda NTT. Wanita-wanita cantik Malaka pun menghibur penonton dengan tarian khas, dan menambah hasrat bagi pemain.

Matim United lebih dahulu membobol gawang Garuda Kefa, kedua tim bertarung dengan kekuatan dan level permainan yang berimbang. Tapi Garuda Kefa mampu bangkit, bahkan membalikan keadaan, memenangi laga dengan skor 2-1.

Turnamen Copa Flobamora Jakarta 2019 akan memberi total hadiah Rp150 juta. Di laga final, publik NTT di Jakarta akan menyaksikan tiga laga bintang; Flores All Stars, Timor All Stars, dan Maluku All Stars (usia di atas 40 tahun).