DEPOK (eNBe Indonesia) – Pemuncak klasemen Liga Inggris Liverpool menjadi buah bibir publik sepak bola dunia karena wasit dan VAR dinilai memenangkan Liverpool saat laga kontra Wolves (30/12). Wolves (Wolverhampton Wanderes FC) sendiri menulis di akun youtube channel jika gol Sadio Mane adalah pembeda, sementara gol Pedro Neto dianulir oleh VAR (Video Assistant Referee).

Semestinya Liverpool dan Wolves mengakhiri laga dengan skor 1-1 (draw). Tapi gol Neto dianulir akibat VAR menganggap satu pemain Wolves terjebak offside. Beberapa netizens juga mempersoalkan ketika VAR mensahkan gol ketika Firmino (Liverpool) melesakkan gol ke gawang Aston Villa dan Sadio Mane (Liverpool) saat menjebol gawang Watford. VAR harus tidak dipakai lagi karena hanya merusak permainan dan hasrat pertandingan, tulis salah satu netizen.

Sementara banyak netizen menjuluki Liverpool dengan nama baru liVARpool, tim yang dibela VAR. Saat ini Wolves menempati urutan 7 dengan 30 poin setelah melakoni 20 laga. Menyusul Liverpool, pemuncak klasemen dengan 55 poin (19 laga) adalah Leicester (42 poin), Manchester City (41 poin), dan Chelsea (35 poin).