DEPOK (eNBe Indonesia) – Organisasi Kemasyarakatan Kontas Flores Timur (Flotim) meluncurkan kegiatan Jalan Salib (Flores Da Cruz) dari Labuan Bajo (ujung barat Flores) hingga Larantuka (ujung timur Flores) pada 2021, bertepatan dengan upacara Semana Santa. Kegiatan rohani ini berbalut pariwisata dengan target diaspora NTT serta peziarah dari luar NTT.

Kontas Flores Timur meluncurkan kegiatan Jalan Salib di Flores ini bersamaan dengan launching Gerakan Bale Nagi (GBN) 2020 pada Sabtu (18/1) di Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI, Jakarta Pusat.

Gerakan Bale Nagi (GBN) adalah sebuah bentuk kampanye sosial guna membangun kesadaran para perantau (diaspora) asal Flores Timur di mana pun berada untuk dengan sadar memupuk niat untuk membangun Lewotanah Flores Timur dengan meluangkan waktu untuk pulang ke kampung halamannya ketika ada momentum liburan.

Kampanye ini merupakan Kerjasama para Diaspora Flores Timur Jakarta yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan Kontas Flores Timur dan Paguyuban Tite Hena Jabodetabek, serta didukung oleh Pemkab-Dinas Pariwisata-Flores Timur.

Dan tahun 2020, tepatnya di bulan April adalah momentum awal Kampanye Gerakan Bale Nagi (GBN 2020) ini akan direalisasikan. Kontas Flores Timur adalah Organisasi Kemasyarakatan yang konsen pada Culutura-Religiosa-Humaniora.