Laporan Nocent W. Doi

KUTAI TIMUR (eNBe Indonesia) – Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Ir. H. Ismunandar, MT memastikan akan menjamin perlindungan bagi warga diaspora NTT yang tinggal di wilayahnya.

“Soal perlindungan warga NTT, penting saya tegaskan bahwa Pemkab Kutim akan selalu melindungi seluruh masyarakatnya, sesuai dengan hak sebagai Warga Negara Indonesia. Tak hanya warga NTT, tetapi juga masyarakat suku bangsa lainnya,” ujar Ismunandar saat menerima kunjungan Ketua terpilih Ikatan Keluarga Besar (IKB) NTT Kabupaten Kutai Timur, Wilhelmus Wio (Ewil Doi) di ruang kerjanya Kamis (13/2).

Ewil Doi bertemu Bupati Iskandar untuk menyampaikan permohonan dukungan Pemda Kutim dalam acara pelantikan Pengurus IKB NTT Kutim, periode 2020-2025 yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Maret 2020 di Sangata, ibukota Kabupaten Kutai Timur, calon ibukota negara.

Ir. H. Ismunandar, MT, Bupati Kutai Timur

Bupati Ismunandar menegaskan kehadiran masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah tak terpisahkan dengan dinamika perjalanan Kabupaten Kutai Timur secara umum, jadi bagian dari pembangunan dan ke-Bhinekaan Kutai Timur sebagai miniatur Indonesia. “Saya tentunya mendukung keberadaan Ikatan Keluarga Besar NTT di Kutim yang pada Maret nanti akan dilantik, dan saya mengapresiasi karena event ini juga menggelar pentas budaya NTT,” ujarnya.

Ismunandar juga mengatakan Pemda Propinsi Kaltim dan Pemda Kabupaten se-NTT mengagendakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Perlindungan warga NTT dari segi administrasi kewarganegaraan dan persoalan sisial lainnya pada Maret nanti.

Sementara Ewil Doi yang dihubungi melalui telepon mengaku sangat senang dengan sambutan Bupati Kutai Timur terhadap keberadaan warga NTT yang ada di wilayahnya. Hal ini, katanya, membuktikan bahwa pemerintah Kutai Timur sangat mengayomi masyarakatnya tidak terkecuali warga NTT.

“Oleh karenanya Bapak Bupati Kutim telah meminta kepada kami IKB NTT Kutim, untuk mempersiapkan segala sesuatu secara serius, agar acara pelantikan pengurus nanti dapat berjalan sukses,” ujar Ewil Doi.

Sejauh ini Uskup Agung Ende dipastikan hadir serta akan memimpin perayaan ekaristi kudus, syukur atas pelantikan pengurus IKB NTT bersama umat katolik diaspora NTT Kutai Timur. Selain itu terkonfirmasi Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM serta sejumlah Bupati sedaratan Flores NTT juga telah menyatakan kesediaannya untuk hadir.