DEPOK (eNBe Indonesia) – J Menix Marsi MM, salah satu sosok dirigen fenomenal di ajang Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) di negri ini, mendapat apresiasi publik pencinta lagu-lagu gereja. Sejak diunggah di channel youtube (Rens Sius) pada 15 Februari 2020, video penampilan Menix dan paduan suara (padus) asal kecamatan Mauponggo, Nagekeo, Flores telah dilihat lebih dari 49 ribu kali.

J Menix Marsi MM

Sayang, Menix dan timnya hanya menyabet juara 3 di tingkat kabupaten Nagekeo, meski tampil sangat apik dan bernuansa konser, konsep menyanyi yang tidak selaras penilaian tim yuri. Sesungguhnya Menix dan tim padusnya adalah tim paling siap untuk tampil di ajang berikutnya (tingkat propinsi), karena tampil di lomba tanpa menggunakan teks lagu.

Menix dan tim padusnya sudah teruji menjadi yang terbaik di lomba padus antar kabupaten se-NTT pada Mei 2017 diselenggarakan oleh Yayasan Tunas Muda Indonesia (Melki Laka Lena/politisi Golkar) untuk tema Sayembara ‘Ayo Bangun NTT’.

Menix adalah sosok dirigen yang otodidak belajar tentang pembuatan tangga nada lagu, meski hanya tamat SMA, termasuk menguasai notasi not balok untuk menguasai lagu-lagu gereja jaman klasik dan kontemporer. Sebuah yayasan sekolah Katolik di Jakarta Timur sejak lama memanfaatkan jasa Menix menyusun akor nada untuk lagu-lagu untuk kepentingan lomba.

Keputusan Menix menampilkan konsep konser dalam lomba Pesparani di Nagekeo sebenarnya mengadopsi konsep konser lagu-lagu gereja di level nasional dan internasional. Penampilan atraktif dirigen, tidak saja membuat videonya viral saat diunggah di youtube, tapi begitulah konsep konser, seluruh alunan nada, suara, dinamika bernyanyi menyatu harmoni dengan sang dirigen (ekpresi, gestur tubuh).

Mirip Menix, dirigen kecamatan Borong, Manggarai Timur, dan tim padusnya juga memukau publik di youtube manggaraitimurTV, menarik perhatian lebih dari 20 ribu orang, diunggah sejak 24 Januari 2020. Sementara tim padus OMK Worona Ende, jawara Lomba Pesparani 2020 kabupaten Ende, paling sukses membuat viral karena video penampilannya telah dilihat lebih dari 53 ribu orang, diunggah sejak 9 Februari 2020.