DEPOK (eNBe Indonesia) – Per hari ini (23/3) sebanyak 335.997 orang di dunia terinfeksi virus korona (Covid-19), 98.333 pasien sembuh, dan 14.641 orang meninggal dunia. Jumlah kesembuhan paling besar tercatat di Provinsi Hubei, China, yang mencapai 59.879 lalu Iran yang dengan 7.931 orang pulih. Dalam data peta penyebaran, kini ada 173 negara dan wilayah. Termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess.

Saat ini, Italia, Amerika Serikat, dan Spanyol tercatat sebagai negara dengan kasus terbesar di luar China. Jumlah kasus paling besar tercatat di China (81.432 kasus), disusul Italia (59.138 kasus). Tapi angka kematian paling besar tercatat di Italia (5.476 jiwa) menyusul Hubei-China (3.153 jiwa).

Kasus terbesar ketiga tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 33.276 kasus dengan kematian yang mencapai 417 jiwa. Sedangkan kasus terbesar keempat tercatat di Spanyol, yang mencapai 28.768 kasus dengan 1.772 kematian.

Sumber dari Italia mengatakan warga Italia tidak menuruti instruksi dan kebijakan pemerintah, maka angka kematian tercatat tertinggi. “Kadang kita menganggap biasa dengan virus ini….yang merenggut jiwa di sini (Italia-red) karena kepala batunya masyarakat,” tulis sumber tadi kepada Redaksi eNBe Indonesia malam ini.

Pemerintah Italia menginstruksi warga untuk tinggal di rumah, kata sumber itu, tapi warga Italia tetap pergi ke luar rumah, jalan ke mal, tempat hiburan. Anak sekolah diliburkan tapi mereka justru berpiknik ria.

Baru tiga hari lalu, lanjut sumber tadi, pemerintah mengerahkan korps militer menertibkan warga, dan baru sekarang situasi agak sunyi. Warga hanya diperbolehkan keluar rumah untuk keperluan mendesak seperti belanja atau ke rumah sakit. Bagi yang melanggar didenda satu juta rupiah, dipenjara, dan SIM kendaraan ditahan hingga 3 bulan.

“Kita jangan terlalu takut atau panik dengan berita-berita. Jaga stamina tubuh kita biar tidak stres, pola makan teratur, biar di rumah tetap berolahraga, mengkonsumsi air hangat, jaga kebersihan, menggunakan masker dan kaus tangan.”