by

Virus Corona & Komodo

Laporan Rovina Aleksandry

KUPANG (eNBe Indonesia) – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menutup akses penyeberangan laut dari dan ke Labuan Bajo untuk mencegah penyebaran virus Corona (covid-19). Rudymahmudi, general manager ASDP (PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Indonesia Cabang Labuan Bajo mengatakan, seperti dikutip Pos Kupang (27/3), penutupan penyeberangan kapal feri selama 26 Maret hingga 3 April 2020 dengan rute Labuan Bajo-Sape, Kabupaten Bima, NTB. 

Pasca merebaknya Covid-19, kata Rudymahmudi, jumlah penumpang dan barang mengalami penurunan sekitar 20-30% dalam sebulan terakhir.

Sementara itu, Kepala Kantor Bandara Komodo Labuan Bajo I Ketut Gunarsa menegaskan, pada prinsipnya bandara tidak bisa ditutup. Tetapi, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar telah memerintahkan penutupan bandara.

Ketut mengatakan alasan tidak menutup bandara Komodo karena pertimbangan aspek kemanusiaan, kargo, pos, penerbangan dari daerah lain yang emergency dimana mendapat kendala. Tapi, ujar Ketut, pihaknya mulai hari ini melakukan pembatasan pengangkutan orang yang masuk-keluar, kecuali pengangkutan kargo, kebutuhan medis dan alat-alat medis.

Hingga hari ini, Mabar masih negatif Covid-19, namun lalu lintas penumpang yang terbuka boleh jadi akan sebarkan virus corona bagi 250 ribu warga Mabar. Untuk wilayah NTT, orang dalam pemantauan (ODP) terinfeksi virus korona (covid-19) mencapai 301 orang, dimana 26 orang telah selesai diobservasi (di RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang, RSUD dr TC Hillers Maumere, RSUD Umbu Rara Meha Waingapu/Sumba Timur)). Pasien dalam perawatan berjumlah 7 orang, dan karantina mandiri 268 orang.

Virus Corona tentu merugikan sektor pariwisata termasuk Labuan Bajo. Tahun lalu kunjungan turis ke Labuan Bajo mencapai 184.206, meningkat dari 163.807 tahun 2018. Pada 2014, jumlah turis ke Labuan Bajo tercatat kurang dari 80.000. Pemerintah berharap kunjungan turis ke Labuan Bajo tahun lalu mencapai 1,5 juta, tapi gagal capai target terutama akibat molornya pembangunan bandara Komodo dan infrastruktur pendukung lainnya.

Comment

News Feed