Laporan Rovina Aleksandry

KUPANG (eNBe Indonesia) – Sebanyak 11.998 orang di NTT telah mendaftar untuk mendapatkan kartu prakerja, daftar online via laman resmi www.prakerja.go.id. Sylvia R Peku Djawang, pelaksana tugas (plt) kepala dinas koperasi, tenaga kerja dan transmigrasi provinsi NTT, mengatakan jumlah ini sudah termasuk pencari kerja baru dan juga pencari kerja terdampak. Dilaporkan 6529 pekerja NTT terkena dampak pandemi covid-19 dan 219 tenaga kerja terkena PHK.

Kasus positif corona di Kota Kupang meningkat menjadi 8 kasus tapi wali kota Kupang Jefri Riwu Kore tidak menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena PSBB adalah wewenang pemprov NTT. Pandemi corona belum bisa dipastikan kapan berakhir, sementara saat ini persediaan makanan sejumlah masyarakat NTT mulai menipis.

Pemerintah kabupaten Belu mempercayakan BRI cabang Atambua menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa di seluruh desa di daerah itu. Total penerima sebanyak 9650 KK dengan total anggaran Rp14,9 miliar.

Secara nasional, hingga Kamis (7/5) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 64 orang hingga totalnya menjadi 2.381. Di sisi lain, jumlah kasus terkonfirmasi positif menjadi 12.776 setelah ada penambahan sebanyak 338 orang. Sedangkan jumlah kasus meninggal bertambah menjadi 930 setelah ada penambahan sebanyak 35 orang. Nusa Tenggara Timur tercatat 12 kasus.

Memang benar bahwa Indonesia juga mencetak tingkat kematian tertinggi (7,2%), tetapi tingkat kematiannya per juta populasi adalah di antara yang terkecil di dunia. Tingkat fatalitas rumah sakit di atas 9% beberapa minggu yang lalu, tetapi telah turun menjadi 7,2% dalam dua hari terakhir.

Tingkat pemulihan di bawah 10% minggu lalu, tetapi telah mencapai 18,63% pada Rabu (6/5). Kasus yang dikonfirmasi dari Tes PCR berada di atas 20% beberapa minggu yang lalu, tetapi telah turun menjadi di bawah 14% dalam beberapa hari terakhir.