JAKARTA (eNBe Indonesia) – TIM Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus menggalang berbagai kerja sama untuk melakukan percepatan penanganan virus Corona (Covid-19) yang masih menyerang bangsa Indonesia hingga saat ini.

Kerja sama tersebut dilakukan dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan Dewan Pengurus Pusat Komite Pemuda Nasional Indonesia (DPP KNPI).

Hari ini dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Ketua Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Andre Rahadian dan Muhammad Ikhsan selaku Ketua Gugus penanganan Covid-19 DPP KNPI, yang disaksikan oleh Sekjend DPP KNPI Addin Jauharuddin di posko Gugus Tugas, di Hotel Media Tower, Jakarta, Jumat (8/5).

Ketua Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Andre Rahadian menyambut baik program tersebut, dan siap berkolaborasi dengan KNPI. Andre mengungkapkan, inilah saatnya kita bersatu, menunjukkan diri sebagai satu bangsa. “Apa yang akan dilakukan KNPI adalah bukti nyata, keterlibatan organisasi kepemudaan melakukan tindakan patriotik. Saatnya sekarang ini, dan kami siap berkolaborasi,” ujarnya.

Andre mengatakan bahwa pihak gugus tugas selama ini menggandeng beberapa ormas pemuda dalam membantu percepatan penaganan COVID-19. Antara lain ormas Pemuda Pancasila, Basarnas, maupun KNPI.

“Semua ormas penting dan strategis itu sengaja kita gandeng dalam mensosialisasikan kerja-kerja kita dalam rangka percepatan penaganan Covid-19 tersebut. Kerja sama dengan ormas KNPI baru kita ditandatangani hari ini. Namun pembicaraanya sudah lama kita lakukan,” ujarnya.

Kerja sama tersebut, kata Andre, untuk saling mendukung program masing-masing. “Misalnya KNPI memiliki program dalam hal ketahanan pangan,” ujarnya.

Andre berharap agar kerja sama ini bisa lebih mempercepat penyelesaian masalah bangsa dari Cirus Corona sehingga masyarakat bisa kembali bekerja seperti sedia kala.

“Kiranya kerja sama yang strategis ini bisa lebih mempercepat dalam penanganan bencana virus yang tak kelihatan ini,” ujar Andre.

Muhammad Ikhsan mengatakan akan membuat beberapa program di antaranya melakukan pengerahan atau penggalangan koordinator tenaga relawan tingkat kota yang sebelumnya akan diberikan pelatihan secara teknis oleh tim Gugus Tugas Covid Nasional dalam bertugas menangani Corona Virus Disease (COVID-19) dan juga pendataan masyarakat terdampak pandemi.

Selain itu, KNPI juga akan menyelenggarakan program berorientasi masyarakat kaum muda, antara lain melakukan kampanye digital dengan tema “Sama Sama Peduli”, “Corona Challenges”, “Mudik Ditunda Corona Hilang” atau “Corona Jangan Mudik”.

“Selain itu kami akan melakukan kegiatan pemberian edukasi ketahanan pangan dan penyaluran sarana produksi pertanian (saprotan) untuk membangun pertanian keluarga dengan tema ‘Family Farming’, bersamaan dengan menyalurkan bantuan logistik berupa paket sembako kepada masyarakat terdampak dengan program ‘Satu Juta Paket KNPI Peduli’. KNPI juga berencana memberikan edukasi cara pembuatan Hand Sanitizer dengan target sebanyak 1 (satu) juta masyarakat,” ujar Muhmmad.

Tak hanya itu, KNPI juga akan memberikan edukasi melalui penyelenggaraan webinar dengan nama program “Sikon Terkini” yang berupa diskusi online dengan para ahli untuk membahas situasi terkini.

“Sebagai wadah organisasi kepemudaan, kami akan all out dalam percepatan penanganan Covid-19. Karena itu, agar optimal kami menggandeng Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19, “ ungkap Muhammad.

Pusatkan Energi untuk Melayani Rakyat

Terpisah, Sekretaris Jenderal DPP KNPI Addin Jauharuddin mengatakan, acara ini penting karena KNPI bisa menggerakkan pemuda di seluruh Indonesia dengan program yang dilakukannya.

“KNPI menjadi katalisator jejaring nasional terhadap program Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ujar mantan Ketua Umum PB PMII ini.

KNPI juga membantu mengkreasikan program dengan menggerakan media dan sosial media agar masyarakat tidak jenuh dan bertahan di rumah dengan segala aktivitas produktif dirumah.

KNPI, katanya, akan menggerakkan struktur secara struktural di seluruh Indonesia sampai tingkat kecamatan sehingga bisa secara masif mensukseskan program bersama ini.

Sementara itu, Ketua Bidang Relawan Pendukung Yulius Setiarto mengatakan kerja sama tersebut bertujuan untuk membangun kolaborasi penanganan Covid, khususnya dalam bidang edukasi publik melalui berbagai platform medsos, koordinasi dan konsolidasi relawan pendukung di seluruh Indonesia, dan program-program ketahanan pangan.

“Kerjasama ini menjadi penting dan strategis karena KNPI merupakan jaringan organisasi kepemudaan yang memiliki struktur di seluruh Indonesia akan sangat dibutuhkan untuk mengkoordinasi relawan pendukung dalam menjalankan Program Lingkungan Mandiri di seluruh Indonesia,” ujarnya, yang sehari-hari bekerja sebagai partner di SNP Law Firm ini.

Karena itu, Yulius berpesan agar kerja besar dan konkrit itu bisa disukseskan di lapangan. “Penandatanganan PKS ini barulah tahap awal. Sebuah kerja besar dan konkret di lapangan menunggu untuk dituntaskan. Oleh karena itu, setelah ini mari kita pusatkan energi untuk melayani rakyat. Dengan gotong royong dan solidaritas kaum muda Indonesia, kita menangkan pertarungan melawan Covid ini,” pungkasnya.