Laporan Rovina Aleksandry

KUPANG (eNBe Indonesia) – Virus corona (covid-19) tidak hanya menjangkit orang dewasa, tetapi juga anak-anak karena kekebalan tubuh belum terbentuk sempurna. Saat ini anak NTT dinyatakan positif corona berdasarkan hasil swab, berasal dari Kota Kupang, Rote Ndao, dan TTS.

Marius Ardu Jelamu, juru bicara gugus tugas covid-19 NTT, mengatakan tiga bocah NTT telah terinfeksi corona, terbaru adalah korban transmisi lokal di Kota Kupang. Selain itu dua kasus baru, positif terinfeksi berasal dari Ende, korban orang dewasa klaster Magetan. Maka total kasus positif di NTT mencapai 79 kasus saat ini. Sementara Save the Children kantor Indonesia Timur di Kupang menyerahkan bantuan sosial berupa alat pelindung diri (APD) kepada gugus tugas covid-19 provinsi NTT.

Untuk nasional, jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 hingga Kamis (21/5) pukul 12.00 WIB bertambah 973 orang sehingga totalnya menjadi 20.162 Sedangkan pasien sembuh menjadi 4.838 setelah ada penambahan 263 orang dan kasus meninggal menjadi 1.278 dengan penambahan 36 orang.

Publik Indonesia mulai panik melihat data kemarin. Cukup banyak seperti yang diperkirakan, pengujian yang lebih agresif menyebabkan lebih banyak kasus yang dikonfirmasi. Apapun kita belum melihat skala korban seperti di Ekuador, Meksiko, atau Brasil dan negara-negara Eropa. Dalam 24 jam terakhir, misalnya, Brasil melaporkan 888 kematian, Meksiko 424 dan Peru 110. Respons kebijakan mungkin terlambat, tetapi Indonesia mencatat hanya 4,8 kematian per juta populasi (angka kematian), jauh di bawah AS (286), Brasil (90), atau Meksiko (48).

Sementara itu, faktor-faktor eksternal yang memengaruhi ekonomi telah membaik. Harga komoditas ekspor utama telah mencapai titik terendah. Tembaga, misalnya, sudah naik 15,5%, nikel naik 11,6%, timah juga naik 15,8%, seng naik 13,9%, emas naik 19,1%, sementara aluminium naik 2,3%.

Batubara termal juga naik 11,7% dari posisi terendahnya baru-baru ini, sementara minyak sawit mentah (CPO) untuk kontrak Agustus 2020 melanjutkan kenaikan. Karet alam juga naik 1,2% . Pembukaan kembali ekonomi di Eropa, Amerika, dan Asia Timur Laut telah menyebabkan pemulihan substansial minyak mentah dan komoditas lainnya.

Rupiah semakin menguat ke Rp14.785 per USD, mengurangi kemungkinan krisis keuangan dan politik dari pelemahan rupiah. Terlepas dari masalah database, bantuan tunai langsung (BST) sebagian besar telah didistribusikan kepada kelompok berpenghasilan rendah, mengurangi potensi kerusuhan sosial di tengah-tengah PHK yang tumbuh di industri ritel dan perhotelan.