DEPOK (eNBe Indonesia) – Jumlah pasien sembuh covid-19 hari ini terus bertambah. Data harian dari Kementerian Kesehatan mencatat, jumlahnya cukup menggembirakan, yakni sebanyak 2.366 kasus. Total kesembuhan hingga hari ini bertambah menjadi 60.539 kasus.

Provinsi Jawa Barat menjadi penyumbang terbesar pasien sembuh dalam data harian, ada 627 kasus sembuh, dengan total kesembuhan ada 3.567 kasus. Lalu kedua terbanyak berada di provinsi Jawa Timur dengan 401 kasus sembuh, total kesembuhan 13.081 kasus.

Sementara DKI Jakarta menjadi terbanyak ketiga dengan 376 kasus sembuh dengan total kesembuhan mencapai 12.367 kasus. Meski demikian, penambahan kasus positif covid-19 harian masih terus terjadi. Ada penambahan sebanyak 1.748 kasus baru. Total kasus positif kini bertambah menjadi 102.051 kasus.

DKI Jakarta menjadi penyumbang kasus baru terbanyak, jumlahnya 409 kasus dengan total 19.995 kasus. Diikuti Jawa Timur dengan 313 kasus dengan total 21.125 kasus. Dan Jawa Tengah ketiga terbanyak sebesar 185 kasus dengan total 8.807 kasus.

Untuk laju kasus kematian, dalam beberapa hari belakangan cukup terkendali. Kasus kematian harian tidak terpaut jauh dari beberapa hari sebelumnya. Data terbaru menyatakan ada 63 kasus kematian baru yang menambahi total kematian menjadi 4.901 kasus.

Kasus kematian tertinggi hari ini berada di Jawa Timur dengan jumlah 22 kasus. Diikuti DKI Jakarta dengan 15 kasus dan ketiga terbanyak berada di Jawa Tengah sebanyak 8 kasus. Total kematian terakhir mencapai 4.901 kasus.

Kluster kantor

Provinsi Jawa Timur mencatat tingkat pemulihan 60,9%, sementara ibu kota Jakarta mencatat tingkat pemulihan yang menurun menjadi 61,2% karena lonjakan kasus baru di kluster kantor karena lebih banyak orang kembali bekerja. Meskipun lonjakan kasus baru, sebagian besar orang di Jakarta enggan untuk kembali ke PSBB yang lebih ketat, sebuah survei baru ditemukan. Sulawesi Selatan, daerah yang paling terpukul ketiga, melaporkan tingkat pemulihan 67,8%. Meskipun ada perbaikan dalam tingkat pemulihan, presiden Joko Widodo mengingatkan kabinetnya untuk memberikan perhatian khusus kepada delapan provinsi yang paling terpukul.

Sangat disayangkan bahwa jumlah tes harian masih jauh di bawah target Jokowi yaitu 30.000. Presiden kemudian meminta percepatan perluasan kapasitas laboratorium secara nasional. Dia juga menuntut penelusuran pasien yang lebih agresif. Berita bagus, laboratorium PCR tambahan telah beroperasi di beberapa daerah. Yang terbaru adalah lab PCR baru yang dibangun oleh rumah sakit Tentara Indonesia di Kupang, ibu kota Nusa Tenggara Timur (NTT) meskipun provinsi tersebut hanya melaporkan satu kematian sejauh ini.

Jawa Tengah, provinsi terpadat ketiga, sementara itu, bergerak semakin dekat untuk mencapai 5.000 tes per hari. Provinsi ini saat ini memiliki 4.000 tes/kapasitas hari, dan sedang dalam proses untuk meningkatkan hingga 5.000 tes/hari. Kementerian kesehatan baru-baru ini menyetujui 20 ahli laboratorium tambahan untuk provinsi Jawa Tengah.

Di tempat lain di dunia, India tetap menjadi negara yang paling terpukul dengan 46.484 kasus baru dan 636 kematian dilaporkan pada hari Senin. Tetangganya, Pakistan, terlihat stabil dengan hanya 1.176 kasus baru dan 20 kematian dilaporkan Senin, terendah dalam beberapa minggu. Bangladesh, negara Asia Selatan lainnya, sayangnya, tetap waspada dengan 2.772 kasus baru dan 37 kematian.

Namun, tidak ada yang dibandingkan dengan benua Amerika, di mana AS melaporkan lebih dari 60.000 infeksi baru pada hari Senin. Brasil, Meksiko, Peru, Chili, Argentina, dan Kolombia terus melaporkan sejumlah besar kasus dan kematian baru.