by

Covid-19: Nagekeo kembali ke zona merah, pariwisata Bali dibuka

-Nasional-88 views

Laporan Rofin Selawolo

NAGEKEO (eNBe Indonesia) – Hari ini pemerintah kabupaten Nagekeo melaporkan satu lagi warga (pasien #06) terkonfirmasi positif Covid-19, sSetelah Senin kemarin dilaporkan dua warga terkonfirmasi positif #04 dan #05.

Silvester Teda Sada, juru bicara posko covid-19 Nagekeo, mengatakan pasien #06 adalah warga Kotakeo II, Kec. Nangaroro, seorang wanita, berusia 21 tahun, pelaku perjalanan dari Denpasar, Bali. Jumlah kasus positif per hari ini menjadi 3 kasus. Ketiganya dari wilayah kecamatan Nangaroro.

Dengan demikian, kata Silvester, dari total 7 sampel swab yang sudah dikirim ke Kupang beberapa waktu lalu, diperoleh hasil 4 negatif, dan 3 terkonfirmasi positif covid-19. “Kami tegaskan berulang kali, bahwa para pelaku perjalanan yang baru tiba dari zona merah WAJIB lapor diri dan lakukan karantina mandiri.”

Penting juga, lanjut Silvester, setiap orang yang pernah punya riwayat kontak erat dengan ketiga pasien #04, #05, dan #06 di atas, diminta dengan hormat, agar dengan kesadaran sendiri datang melaporkan diri kepada petugas kesehatan dan RT terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dini, termasuk rapid test secara gratis. Untuk provinsi NTT, kasus positif mencapai 152 per hari ini, pasien sembuh 130, dan satu meninggal dunia.

Secara nasional, kasus konfirmasi positif virus Corona penyebab Covid-19 bertambah 1.693 orang menjadi total 128.776. Pasien sembuh bertambah 1.474 menjadi total 83.710, sementara pasien meninggal bertambah 59 menjadi total 5.824.

Tingkat pemulihan Jakarta masih di bawah 63%, sedangkan Jawa Timur di 71,9%. Jawa Tengah, provinsi terparah ketiga, melaporkan tingkat pemulihan 63,6%, tetapi ada pertanyaan tentang rendahnya pengujian per juta di provinsi tersebut. Jawa Barat, provinsi terpadat, melaporkan hanya 7.599 kasus, jauh di bawah Sulawesi Selatan, tetapi ini mungkin terkait dengan tingkat pengujian yang rendah.

Pulau Bali, sementara itu, melaporkan tingkat pemulihan 86,7% dan tingkat kematian 1,3%. Provinsi tersebut, seperti yang Anda ketahui, telah membuka kembali industri pariwisata untuk wisatawan domestik, namun baru akan membuka pintunya bagi wisatawan asing pada pertengahan September. Menariknya, Departemen Luar Negeri AS menempatkan Indonesia di Level 3 (reconsider travel) dalam travel advisory, lebih baik dari India (Level 4, Do Not Travel).

Comment

News Feed