by

Covid-19: Tingkat kesembuhan di NTT nyaris 90%

-Nasional-58 views

Laporan Rovina Aleksandry

KUPANG (eNBe Indonesia) – Hingga pekan ketiga Agustus 2020, total jumlah pasien positif virus corona atau covid-19 bertahan di angka 171. Tidak ada penambahan pasien positif pada Minggu (23/8). Total kesembuhan di NTT mencapai 149 orang atau setara 87%, sementara itu, dua pasien positif dinyatakan meninggal dunia.

Dari jumlah total paparan, hingga saat ini sebanyak 20 pasien masih dalam penanganan medis baik perawatan maupun karantina. Terbanyak kini berada di kabupaten Manggarai Barat, yakni 4 pasien dirawat di RSUD Komodo, 2 pasien berada di lokasi karantina terpusat dan 2 pasien dikarantina secara mandiri.

Di kabupaten Manggarai, 1 pasien dikarantina mandiri dan 2 pasien dikarantina terpusat. Di kabupaten Nagekeo, 3 pasien dikarantina terpusat sementara 1 pasien dikarantina mandiri. Di kabupaten Ende, 1 pasien dirawat di RSUD Ende dan 2 pasien dikarantina mandiri. Untuk kabupaten Kupang, 1 pasien dirawat di RS Penyangga Undana sementara untuk Kota Kupang, 1 pasien dirawat di RSUD Prof. Dr. WZ Johannes Kupang.

Jumlah kasus terbanyak terdapat di Kota Kupang (40 kasus), disusul Manggarai Barat (39 kasus), Sikka (28 kasus), Ende (17 kasus), Sumba Timur (12 kasus), Nagekeo (7 kasus), Sumba Barat (6 kasus), Manggarai (5 kasus) dan TTS (4 kasus).

Kabupaten Kupang mencatat 3 kasus, Flores Timur 3 kasus, Sumba Barat Daya 3 kasus, Rote Ndao 2 kasus, Lembata 1 kasus, TTU 1 kasus. Angka kontak erat saat ini masih 333 orang dan kontak erat yang selesai dikarantina sebanyak 2.184 orang.

Kota Kupang menghimbau semua elemen pendidikan baik sekolah negeri maupun swasta dari TK, SD, SMP untuk tetap melakukan proses belajar dari rumah dengan metode luar jaringan (luring) maupun jaring (daring). BLUD RSUD dr Ben Mboi Ruteng, Manggarai, sudah memiliki laboratorium test swab tersendiri, bantuan dari kementerian kesehatan RI.

Pemerintah kabupaten Sikka membahas tiga hal penting di rumah bupati Robby Idong, yakni persiapan kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah, operasional kapal penumpang PT Pelni di pelabuhan Lorens Say Maumere, pelabuhan penyeberangan Geliting serta disiplin warga di masa new normal.

Operasional kapal penumpang akan diijinkan kembali kepada PT Pelni. Kegiatan belajar mengajar tatap muka dimulai sejak 1 September 2020, dibagi menjadi dua shift dengan daya tampung 50% dan dilaksanakan selama 2-3 jam per shift. Pemkab Sumba Barat meminta semua pengelola obyek wisata memperketat penerapan protokol kesehatan, setelah secara resmi membuka kembali obyek wisata untuk umum.

Per hari ini, jumlah kasus positif terinfeksi covid-19 mencapai 174, pasien sembuh 155. Secara nasional, kasus positif bertambah 2.719 menjadi total 162.884, pasien sembuh bertambah 3.166 (total 118.575), dan pasien meninggal bertambah 120 (total 7.064).

Bioskop dibuka

Pemerintah Jakarta akan mengizinkan Bioskop dibuka. Keputusan tersebut telah menimbulkan perdebatan sengit di dunia media sosial, tetapi rencana tersebut tampaknya akan terus berlanjut. Tingkat positif COVID-19 Jakarta selama seminggu terakhir adalah 9,8%. Ini lebih rendah dari tingkat kepositifan nasional sebesar 13%, tetapi tingkat kepositifan yang direkomendasikan WHO untuk pembukaan bisnis adalah 5%. Kemarin (Rabu), Pemerintah Jakarta melaporkan 711 kasus baru, sehingga total kasus aktif di Jakarta menjadi 7.748 kasus.

Bisnis bioskop sangat terpukul oleh COVID-19. Wajar jika berharap segera kembali dibuka. Bioskop juga penting untuk dibuka jika mereka ingin memanfaatkan judul blockbuster yang akan datang seperti Tenet, Black Widow, No Time to Die (007 series), Wonder Woman, the King’s Man, dan banyak lagi.

Juru Bicara Satgas Mitigasi COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan kepada wartawan bahwa bioskop tidak akan buka sekaligus. Tapi itu tampaknya lebih merupakan asumsi. Banyak yang khawatir pembukaan bioskop akan menjadi awal penyebaran COVID-19 secara masif. Ingatlah bahwa bahkan Korea Selatan baru-baru ini diguncang setelah puluhan pengunjung gerai Starbucks di Paju ditemukan terinfeksi virus corona baru.

Comment

News Feed