by

Covid-19, Nagekeo kembali ke zona hijau

Laporan Rofin Selawolo (812-1957-8868)

NAGEKEO (eNBe Indonesia) – Nagekeo hari ini (Rabu, 16/9) kembali Zona Hijau dengan status Nol (0) positif covid. Pasien #09 dari Puskesmas Boawae, dinyatakan sembuh setelah selesai masa isolasi. Dengan demikian, dari total 9 kasus terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan swab test, semuanya dinyatakan selesai masa isolasi atau sembuh.

“Kita patut memberi apresiasi dan hormat kepada segenap tim satgas, terutama para tenaga kesehatan, TNI – POLRI dan relawan covid-19 yang hingga hari ini terus giat menegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan covid-19,” ujar Juru bicara covid-19 Nagekeo, Silvester Teda Sada dalam siaran pers hari ini.

Silvester menegaskan, terutama kepada para pelaku perjalanan, yang baru tiba dari zona merah, agar tidak ragu melaporkan diri ke RT dan petugas kesehatan terdekat untuk didata dan selanjutnya melakukan karantina mandiri secara ketat dan bertanggung jawab.

Ada oknum warga dari Puskesmas Danga yang terindikasi dilaporkan tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19. Setelah tiba dari zona merah (Jakarta) pada 23 Agustus 2020, yang bersangkutan lakukan karantina mandiri.

Tanggal 4 September 2020, yang bersangkutan secara swadaya melakukan rapid test di salah datu Klinik di kota Mbay, dan hasilnya Reaktif. Hasil ini tidak dilaporkan ke puskesmas, baik oleh yang bersangkutan maupun oleh pihak klinik.

Lalu tanggal 15 September 2020, warga bersangkutan meminta rapid test lagi di Puskesmas Danga untuk suatu urusan penting, dan hasilnya ternyata masih Reaktif. Saat itu baru diperoleh informasi kronologis kasusnya, sehingga yang bersangkutan langsung diminta karantina mandiri untuk persiapan pengambilan Swab.

Warga bersangkutan sempat menolak. Diupayakan Kamis (17/9) besok, warga bersangkutan sudah bisa masuk karantina untuk tindakan penanganan selanjutnya, dan bila memungkinkan, Tim Satgas sendiri yang akan turun menjemput.

Kejadian seperti ini, apalagi setelah beberapa hari tidak lapor kasus reaktif untuk diikuti swab test, tentu merupakan kondisi yang sangat membahayakan diri dan orang lain di masa pandemi virus corona ini. Jika hasil swab nya positif, maka tim satgas sangat direpotkan dan bekerja ekstra keras untuk melakukan penelusuran riwayat kontak erat selama beberapa hari ketika yang bersangkutan tidak karantina secara ketat dalam pengawasan petugas.

“Sekali lagi, kerja sama dan kesetiaan setiap warga, sangat membantu kita semua untuk terhindar dari ancaman virus mematikan ini, sehingga Nagekeo dan kita semua tetap bertahan dalam area Zona Hijau. Mohon perhatian dan kerja sama kita semua,” pinta Silvester.

Comment

News Feed