by

Rizieq Shihab: Yang membela dan yang menentang (seri 2)

-Nasional-105 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman & Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, seperti dikutip Kantor Berita Antara, berpidato tentang kereumunan massa dalam beberapa acara yang digelar di ibu kota belum lama ini. Meski Luhut tidak menyebutkan kejadian mana yang dia maksud, banyak yang percaya itu adalah kejadian Rizieq Shihab.

Rizieq, pemimpin tertinggi kelompok Muslim garis keras FPI dan PA 212, kembali ke Indonesia pada 10 November. Kedatangannya menarik ribuan pendukung, banyak dari mereka mengabaikan protokol kesehatan. Pada malam 10 November, Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Rizieq di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengabaikan protokol kesehatan yang mengharuskan Rizieq di karantina mandiri.

Kewajiban karantina sendiri diatur dalam surat edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01 / MENKES / 332/2020. Disebutkan bahwa setiap warga negara Indonesia — atau warga negara asing — yang kembali dari perjalanan ke luar negeri harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Pada 6 November lalu, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Muhammad Budi Hidayat juga meminta Rizieq menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Namun Rizieq jelas mengabaikan kewajiban tersebut.

Baik Anies maupun Rizieq sama-sama keturunan Arab. Mereka memiliki hubungan yang sangat erat. Rizieq adalah pendukung besar Anies. Rizieq berkontribusi pada kebangkitan kelompok Muslim garis keras selama pemilihan gubernur Jakarta 2017 dengan mengadakan demonstrasi anti-Ahok. Demonstrasi anti-Ahok tersebut berpusat di sekitar kasus penistaan ​​agama yang melibatkan Gubernur Jakarta saat itu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ini membantu Anies memenangkan pemilihan gubernur Jakarta 2017.

Namun Anies bukan satu-satunya tokoh terkenal yang mengunjungi Rizieq. Fadli Zon dan Amien Rais juga bertemu dengan Rizieq di berbagai kesempatan. Zon yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra dan Anggota DPR dari Gerindra di DPR, bertemu dengan Rizieq pada 12 November. Amien yang merupakan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus pendiri partai baru Parpol yaitu Partai Umat (Partai Ummah) bertemu dengan Rizieq sehari sebelumnya pada 11 November. Amien didampingi oleh Marwan Batubara, salah satu penggagas Koalisi untuk Penyelamatan Indonesia (KAMI), sebuah kelompok oposisi baru yang dipimpin oleh mantan Panglima TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo dan mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. Mirip dengan Anies, Zon dan Amien juga memiliki hubungan dekat dengan Rizieq. Mereka semua adalah pendukung besar Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra, di Pilpres 2019.

Amien, seperti diberitakan sebelumnya, menawarkan Rizieq untuk bergabung dengan Partai Umatnya. Mungkin, mereka membicarakan hal itu saat kunjungan Amien. Selain Amien, para penggagas Partai Masyumi Reborn juga menawarkan Rizieq untuk bergabung. Di antara para penggagas Masyumi Reborn adalah para pemimpin KAMI seperti MS Kaban dan Ahmad Yani. Pemrakarsa lainnya adalah Abdullah Hehamahua, Masri Sitanggang, A Cholil Ridwan, Bachtiar Chamsyah.

Sehari setelah kunjungan Zon dan Amien, Rizieq menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad (Maulid Nabi Muhammad) di Tebet, Jakarta Selatan pada 13 November. Ia kemudian mengunjungi Markaz Syariah FPI di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Massa berkerumun dalam acara-acara ini yang mengabaikan protokol kesehatan dan jarak sosial. Menariknya, beberapa pejabat negara dan tokoh masyarakat dikabarkan menghadiri acara di Tebet tersebut. Diantaranya adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang juga merupakan politisi Gerindra, dan Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali.

Pada 14 November, Rizieq menggelar acara Maulid Nabi Muhammad di markas FPI di Petamburan dan juga upacara pernikahan putrinya pada. Kedua acara tersebut kembali menarik perhatian banyak orang, melanggar protokol kesehatan dan mengabaikan jarak sosial. Lebih parah lagi, semua acara Rizieq dilakukan ditengah adanya pembatasan sosial skala besar (PSBB). Anies juga diundang ke acara tersebut untuk menjadi saksi di pernikahan putri Rizieq. Namun media nasional memberitakan bahwa Anies tidak hadir dalam acara tersebut.

Tokoh terkenal lainnya yang hadir dalam pernikahan tersebut adalah Siti Hediati Hariyadi a.k.a Titiek Soeharto, Neno Warisman, Camelia Malik, dan Hana Hasanah Shahab. Titiek Soeharto, putri almarhum Presiden Soeharto dan mantan istri Prabowo, adalah pemimpin kunci Partai Berkarya Tommy Soeharto dan mantan pemimpin kunci Partai Golkar. Rizieq, sebagaimana kita tahu, memiliki hubungan yang erat dengan keluarga Cendana, keluarga Soeharto. Kembali pada 11 Maret 2017 lalu, Tommy Soeharto menggelar acara di Masjid At-Tin di taman budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk memperingati surat Supersemar yang merupakan surat monumental dalam sejarah negara yang mengawali peralihan kekuasaan. dari Soekarno ke Soeharto. Dalam acara tersebut, Tommy, Rizieq bersama Anies dan tokoh Muslim garis keras lainnya makan siang bersama.

Seperti Rizieq, Neno Warisman juga aktif dalam aksi anti-Ahok pada 2016-2017. Neno, selebritas yang berubah menjadi politikus, juga aktif dalam gerakan # 2019GantiPresiden. Neno adalah calon anggota parlemen dari partai oposisi PKS. Mirip dengan Neno, Camelia Malik juga seorang selebriti yang menjadi politisi. Dia seorang politikus dari Partai Berkarya Tommy Soeharto. Semuanya adalah pendukung Prabowo dalam pemilihan presiden 2019.

Hana Hasanah, sementara itu, adalah istri dari Fadel Muhammad, tokoh kunci Partai Golkar dan wakil ketua MPR periode 2019-2024. Fadel, yang juga mantan Gubernur Gorontalo selama dua periode, adalah mantan menteri di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hana pernah didukung oleh partai yang berkuasa PDIP dan PPP dalam pemilihan gubernur Gorontalo tahun 2017, tetapi ia kalah bersaing dengan petahana. Hana mengaku menghadiri pernikahan putri Rizieq karena memiliki hubungan keluarga dengan menantu Rizieq. Menurut Hana, menantu Rizieq adalah keponakannya. Hana dan suaminya, seperti kita ketahui, juga keturunan Arab.

Mari kita lihat siapa lagi yang akan bertemu dengan Rizieq dalam beberapa hari mendatang. Zon, dalam kunjungannya ke kediaman Rizieq, membicarakan kemungkinan pertemuan Prabowo dengan Rizieq. Namun mengingat Prabowo kini menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi, kita akan melihat apakah Prabowo memang akan bertemu dengan Rizieq. (yosefardi.com)

Comment

News Feed