by

Rotasi Militer & Masalah Keamanan

-Nasional-119 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan rotasi jabatan. Panglima Hadi juga memeriksa markas tiga pasukan elit militer. Rotasi jabatan militer terakhir oleh Komandan Hadi menyasar 36 perwira militer berpangkat tinggi. Hal itu diresmikan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Panglima TNI No.Kep/911/XI/2020 tertanggal 18 November 2020.

Berikut beberapa jenderal yang terkena rotasi:

  1. Mayor Jenderal Herman Asaribab, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) yang baru menggantikan Letnan Jenderal Moch Fachruddin, yang sebentar lagi akan memasuki usia wajib pensiun.
  2. Mayjen Ignatius Yogo Triyono, Panglima baru Pangdam Cendrawasih di Papua menggantikan Herman Asaribab.
  3. Mayjen Hassanudin, Pangdam Bukit Barisan yang baru (Sumatera Utara) menggantikan Mayjen Irwansyah, yang sebentar lagi akan memasuki usia wajib pensiun.
  4. Mayjen Achmad Marzuki, Pangdam Iskandar Muda (Aceh) yang baru menggantikan Hassanudin.
  5. Mayjen Maruli Simanjuntak, Pangdam Udayana (Bali) yang baru menggantikan Mayjen Kurnia Dewantara, yang sebentar lagi akan memasuki usia wajib pensiun.
  6. Jenderal Agus Subiyanto, Panglima Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) yang baru menggantikan Maruli Simanjuntak.
  7. Mayor Jenderal dr. Albertus Budi Sulistya, kepala baru Rumah Sakit Tentara (RSPAD) Gatot Subroto.
  8. Kolonel Achmad Fauzi, komandan baru Korem Bogor menggantikan Agus Subiyanto.
  9. Kolonel Aswardi, direktur baru aparatur non-negara untuk deputi intelijen keamanan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sehari kemudian, Panglima Hadi menginspeksi markas tiga pasukan elit militer, yakni Kopassus, Korps Marinir TNI AL, dan Kopaskha TNI AU. Dalam kunjungan tersebut, Panglima Hadi sekali lagi mengatakan kepada ketiga pasukan elit militer untuk melindungi Negara dari segala ancaman yang mengganggu persatuan Negara.

Sebelumnya, Panglima Hadi juga menyampaikan pesan serupa melalui video jumpa pers pada 14 November lalu. Video tersebut diunggah di kanal Youtube dan akun Twitter Pusat Informasi TNI (Puspen TNI). Dalam video tersebut, Panglima Hadi didampingi oleh seluruh Panglima TNI: Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen. Eko Margiyono, Komando Operasi Khusus (Pangkoopsus) TNI Mayjen Richard Tampubolon, Panglima Pasukan Khusus Angkatan Darat (Danjen Kopassus) Mayjen Mohammad Hasan, Panglima Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Mar Suhartono, dan Panglima TNI Angkatan Udara Pangkopaskhas Marsda Eris Widodo.

Video tersebut diunggah hanya beberapa jam setelah pidato Rizieq Shihab dalam acara Maulid Nabi Muhammad (hari lahir Nabi Muhammad) yang diselenggarakan oleh kelompok Muslim garis keras FPI di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dalam acara yang ditayangkan kanal Youtube FPI Front TV tersebut, Rizieq berpidato dan berbicara tentang TNI. Rizieq menyebut perlakuan diskriminatif terhadap seorang perwira militer yang mendukungnya. Ia mengatakan, petugas tersebut ditahan karena menyambut baik kepulangannya ke Indonesia. Ia membandingkan perlakuan tersebut dengan perlakuan yang diberikan kepada pemilik Mayapada Group Dato Tahir. Rizieq mengatakan Dato Tahir, yang disebutnya Cukong Cina (istilah lokal untuk pemodal Tionghoa), dilakukan oleh anggota Brimob POLRI. Pimpinan FPI Idrus Jamalullail lainnya juga memberikan pernyataan kontroversial dalam acara FPI tersebut. Idrus berharap Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDIP) dan Presiden Joko “Jokowi” Widodo berumur pendek. Para anggota dan pendukung FPI yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan “amin” atas keinginan tersebut dan mereka semua tertawa bersama.

Terkait perkembangannya, aparat TNI menurunkan spanduk dan baliho Rizieq yang dipajang di beberapa lokasi di Tanah Air. Ini memicu oposisi dan dukungan.

Selain Rizieq, beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Papua, Sumatera Utara, dan Bali akan menggelar Pilkada serentak pada Desember 2020. Di antara kabupaten dan kota tersebut adalah Medan, ibu kota Sumatera Utara, dan Denpasar, ibu kota Bali. Panglima Hadi harus peduli dalam menjaga keamanan kabupaten dan kota tersebut selama dan setelah pemilu. (yosefardi.com)

Comment

News Feed