by

Pariwisata: Program Unggulan VicJos patut didukung

DEPOK (eNBe Indonesia) – Paling penting, pembangunan pariwisata yang memperhatikan kelestarian ekologis dan partisipasi rakyat NTT terutama SDM disiapkan untuk menjadi pelaku utama ecotourism. Berdasarkan hasil survey IRCI (Institute for Research, Consultation and Information of International Investment), program unggulan Vicjos (Viktor B Laiskodat & Josep Nai Soi), gubernur dan wakil gubernur NTT, menjadikan pariwisata sebagai prime mover pembangunan di NTT akan menjadikan NTT sebagai destinasi wisata internasional dan nasional.

Gabriel Goa

Namun yang wajib diwaspadai, tegas Gabriel Goa (Direktur Padma Indonesia) dalam siaran pers hari ini, adalah maraknya mafiosi bisnis international yang akan melakukan kapitalisasi dan privatisasi destinasi eksotik unggulan NTT serta rakyat NTT menjadi penonton bahkan tergusur dari NTT dan menjadi korban human trafficking.

Pemprov NTT dan Kabupaten TTU, kata Gabriel, segera mempercepat kawasan Wini menjadi kawasan ekonomi khusus dengan mempersiapkan percepatan pembangunan pelabuhan Samudera Wini untuk melayani NTT, Timor Leste dan negara-negara Pasifik serta Amerika Latin.

Gabriel juga menyerukan pemprov NTT dan kabupaten se-daratan Flores dan Lembata untuk bekerjasama dengan Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo mengembangkan destinasi wisata unggulan go green serta mempersiapkan SDM lokal menjadi pelaku pariwisata ekotourism.

Gabriel juga mendesat pemprov NTT dan Pemerintah Kabupaten se-Sumba, Sarai dan Rote Ndao serta daratan Timor untuk memberdayakan SDM dan mempersiapkan serta mempromosikan destinasi pariwisata unggulan bekerjasama dengan Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo.

Pemprov NTT juga diharapkan bekerjasama dengan jejaring NTT diaspora nasional dan internasional untuk berpartisipasi aktif mempromosikan destinasi pariwisata NTT dan memberdayakan SDM di NTT untuk berperan aktif sebagai subyek bukan obyek dari pariwisata NTT.

Comment

News Feed