by

Covid-19: Kasus aktif terus meningkat

-Nasional-52 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Dengan 4.725 dilaporkan sembuh dan 130 meninggal, jumlah kasus aktif per 30 November 2020 mencapai 71.420. Jumlah kasus suspect secara nasional mencapai 72.786 kasus.

Perhatikan bahwa dibutuhkan sekitar satu minggu bagi laboratorium untuk melaporkan kasus yang dikonfirmasi sejak pengambilan sampel. Dengan demikian, jumlah kasus baru setiap hari tidak mencerminkan kondisi saat ini. Waktu pemrosesan yang lambat dan kemungkinan penundaan pelaporan karena backlog semakin membuat data Indonesia tidak dapat diandalkan untuk keperluan analitis.

Namun demikian, jumlah kasus aktif terus meningkat sejak awal November. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang telah mencatat pertumbuhan kasus-kasus baru secara mencolok, mengaitkan fenomena tersebut dengan kompilasi data yang salah. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto mengatakan kepada pers bahwa data Satgas Covid yang dihimpun terdapat duplikat. Ini adalah pernyataan yang membingungkan, lebih jauh menyoroti tidak dapat diandalkannya laporan epidemiologi yang disusun pemerintah.

Sementara itu, rumah sakit rujukan COVID-19 di Malang, Jawa Timur, dilaporkan sudah mendekati kapasitas penuh. Tampaknya rumah sakit tersebut tidak hanya menangani pasien COVID-19 lokal, tetapi juga pasien dari daerah lain yang berdekatan. Rumah sakit di Jawa Barat juga dilaporkan berjuang dengan tingkat hunian terkait COVID yang tinggi. Rumah sakit rujukan COVID-19 di Bogor, Depok, dan Bekasi adalah yang paling terdampak.

Menurut Johns Hopkins University, Baltimore, penghitungan kasus COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 62.730.726. Korban tewas di seluruh dunia adalah 1.459.317. Pada 29 November, Amerika Serikat (AS) melaporkan 136.313 kasus baru dengan 818 kematian baru. Ada lebih dari lima juta kasus aktif di Amerika Serikat.

Ada laporan kasus baru di negara-negara Asia yang sebelumnya berhasil menahan wabah SARS-CoV-2, seperti Taiwan dan Thailand. Taiwan, khususnya, melaporkan 24 kasus berita. Tertinggi dalam beberapa bulan. Orang Indonesia termasuk diantara kasus baru. Oleh karena itu, Taiwan akan menghentikan pekerja Indonesia memasuki Taiwan mulai 4 Desember. Langkah tersebut akan berlaku hingga 17 Desember. Korea Selatan, sementara itu, mengonfirmasi 438 kasus. Sehari sebelumnya, dilaporkan 449 kasus baru.

Comment

News Feed