by

Covid-19: Pejabat pemerintah gagal beri contoh

-Nasional-110 views

Laporan Rovina Aleksandri (0852-3868-6980)

KUPANG (eNBe Indonesia) – Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) kembali menjadi daerah terpapar covid-19 setelah ditemukan satu sampel positif pemeriksaan tes cepat molekuler (TCM). Saat ini total kasus positif covid di Sumtim mencapai 33 kasus, 2 kasus meninggal dunia, 30 kasus sembuh, dan satu kasus baru sedang diisolasi.

Jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di kabupaten Belu bertambah 22 orang sehingga total menjadi 52 orang. Empat orang telah sembuh, 48 dalam perawatan, dan 47 pasien melakukan isolasi mandiri. Perkembangan penanganan covid-19 di kabupaten Sikka kembali dibeberkan juru bicara satgas covid-19 Petrus Herlemus. Saat ini ada penambahan 10 kasus positif.

Secara nasional, Satgas Mitigasi COVID-19 Indonesia (Satgas Covid) melaporkan 6.058 kasus baru pada 9 Desember, naik dari 5.292 kasus baru yang dilaporkan sehari sebelumnya. Dengan 3.948 dilaporkan sembuh dan 171 meninggal, jumlah kasus aktif untuk 9 Desember adalah 87.284. Jumlah kasus suspect secara nasional turun menjadi 69.879 dari 70.450 yang dilaporkan kemarin.

Juru Bicara Satgas Covid Wiku Adisasmito mengatakan kepada pers bahwa otoritas daerah belum mengendalikan penyebaran virus corona dengan cukup baik. Memang, terdapat peningkatan yang mencolok dalam kasus aktif sejak 9 November. Wiku meminta pemerintah provinsi untuk berbuat lebih banyak dalam mengekang penyebaran infeksi dengan mengevaluasi penerapan protokol kesehatan.

Perhatikan bahwa Pemerintah Pusat Indonesia dan pemerintah daerahnya telah gagal memberikan contoh yang baik dalam mitigasi COVID-19. Sedikitnya empat menteri Joko “Jokowi” Widodo terjangkit virus corona baru, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri Agama Fachrul Razi. Menteri Ida adalah yang terbaru terinfeksi. Dia membuat pengumuman pada 3 Desember.

Di daerah yang ditemukan positif COVID-19 adalah Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur Jakarta, Gubernur Kepulauan Riau, Bupati Muaro Jambi, Bupati Aceh Barat, Bupati Rokan Hilir, Bupati Bupati Melawi, Bupati Ogan Ilir, Bupati Pemalang, Bupati Karawang, Wakil Walikota Bandung, Walikota Bogor, dan Walikota ad-interim Medan. Sebagian besar telah pulih, dengan beberapa masih dalam isolasi. Salah satu korban yang patut dicatat adalah Saefullah Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jakarta yang kini telah meninggal.

Comment

News Feed