by

IKB NTT Kutim galang dana peduli Lembata

Laporan Nocent W. Doi

SANGATTA (eNBe Indonesia) – Ikatan Keluarga Besar Nusa Tenggara Timur (IKB-NTT) Kabupaten Kutai Timur (KUTIM) Provinsi Kalimantan Timur, melakukan aksi kemanusian dengan menggalang dana untuk korban erupsi gunung api Ile Ape Lewotolok kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Ketua IKB NTT Kutim, Wilhelmus Wio Doi (Ewil Doi), saat dihubungi media ini Jumat (11/12) mengaku hingga saat ini dana yang sudah terhimpun dari masyarakat Kutai Timur sebesar Rp41 juta lebih.

“Laporan sementara dari penggalangan dana yang telah terkumpul saat ini dalam rangka aksi sosial untuk keluarga Lewotolok Kabupaten Lembata NTT, yang terdampak Erupsi Gunung Api Ile Ape, sebanyak Rp 41.719.000,”ungkap Ewil Doi.

Lebih lanjut dia menjelaskan sumbangan masyarakat Ibu Kota Kutim, Sangatta, Rp20,3 juta, Muara Wahao Rp11,28 juta, Keluarga Lamaholot  Rp6,35 juta, Ikatan Keluarga Ende Lio (IKEL) Rp1,68 juta, Ikatan Keluarga Besar Bajawa Nagakeo Rp1,1 juta, sementara dari donatur yang tidak menyebutkan namanya sebesar Rp1 juta.

“Untuk itu saya atas nama pengurus IKB NTT Kutim menyampaikan, terima kasih kepada warga Sangatta dan sekitarnya, serta seluruh keluarga IKB NTT Kutim, yang telah mengulurkan bantuanya untuk saudara kami yang mengalami bencana di Lembata saat ini. Berapapun nilai bantuan dari warga Kutim sangatlah berarti bagi saudara-saudara kami di Lembata saat ini,” ungkap Ewil Doi.

Menurut Ewil, kegiatan penggalangan dana peduli Ile Ape Lewotolok Lembata, telah berlangsung sejak tanggal, 3 hingga 6 Desember 2020. Aksi tersebut dilakukan dengan cara, mengamen di jalan-jalan kota Sangata dan juga membuat surat partisipasi dari paguyuban Kabupaten Kota se-NTT di Kabupaten Kutai Timur.

Hingga berita ini diturunkan menurut Ewil pihaknya masih menunggu laporan dari pengurus IKB NTT kecamatan tentang hasil donasi yang terhimpun dari paguyuban diaspora NTT di Wilayah Kabupaten Kutai Timur.

“Selain paguyuban kami juga menyurati beberapa pengurus IKB NTT tingkat kecamatan, dan masih dalam proses pengpulan, baru 2 kecamatan yaitu Sangatta Utara dan Muara Wahao yang sudah setor ke IKB NTT Kutim. Sementara yang lain akan menyusul. Memang proses ini agak terlambat mengingat kemarin kami di Kabupaten Kutai Timur baru menyelenggarakan Pemilu Kepala Daerah. Ya jadi agak tersendat sedikit. Mudah-mudahan dananya segera terkumpul, sehingga kita segera menyalurkannya kepada korban di Lembata,” jelas Ewil.

Selain berupa dana, lanjut Ewil, bantuan juga dalam bentuk Pempers Bayi dan Masker Medis. IKB NTT Kabupaten Kutai Timur akan menyalurkan melalui Rekening Organisasi Sosial BARAKAT LEMBATA dan berharap mendapatkan laporan penggunaan dana sebagaimana mestinya, pungkas Ewil.

 

Comment

News Feed