by

Kopi NTT: Kolaborasi generasi aktivis & generasi pengusaha

-Ekonomi-173 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Garda NTT sukses menyelenggarakan acara Nusa Tenggara Coffee Week 2020 pada Selasa (8/12) bertempat di Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ketua Panitia Kegiatan Marselina Rere mengatakan, event ini diselenggarakan sebagai salah satu cara mengangkat kopi khas NTT ke tingkat nasional. “Harapannya, masyarakat Indonesia semakin mengenal dan menyukai kopi asal Provinsi Nusa Tenggara Timur,” ujarnya dalam sambutan.

Sementara Ketua Garda NTT Wilfridus Yons Ebit mengatakan potensi kopi NTT harus turut diberdayakan oleh kaum muda NTT, termasuk memperbaiki manajemen pengelolaan kopi, baik mulai dari proses tanam hingga pemasaran kepada masyarakat luas.

“Pemerintahan Jokowi telah mencanangkan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium. Dalam hal ini, kita harus mengambil bagian dalam rencana dan program pemerintah,” jelasnya. “Orang-orang muda NTT mesti harus mengambil bagian dalam rencana pemerintah, kritik boleh, tetapi harus mampu memberikan langkah solutif kepada pemerintah.”

Handrianus Yovin Karwayu, pegiat kopi NTT di Jakarta dan pendiri Bangflo, mengungkapkan bahwa NTT saat ini sedang beruntung karna dilirik banyak pihak, terutama pariwisata. “Anak Muda NTT yang sebagian besarnya selama ini adalah Generasi Aktivis, harus mulai diajak untuk menjadi Generasi Pengusaha,” ujarnya.

Generasi Muda NTT, kata Yovin, harus dilatih dan diajak berpikir terbuka, berpikir positif, berpikir maju dan berpikir solutif.

Comment

News Feed