by

Resuffle Kabinet: 6 menteri baru dilantik besok

-Nasional-87 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo hari ini mengumumkan 6 menteri baru di kabinetnya. Sandiaga Uno, cawapres Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden tahun lalu, akan dilantik sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif besok (23/12).

Sandiaga adalah utusan Partai Gerindra di kabinet setelah penangkapan Edhy Prabowo, menteri perikanan dan kelautan. Awalnya ada yang mengira Sandiaga akan menggantikan Edhy di bidang perikanan, namun Jokowi justru mempromosikan Sakti Wahyu Trenggono. Sakti sebelumnya adalah Wakil Menteri Pertahanan di bawah Prabowo.

Ini menarik karena Sandiaga dan Trenggono adalah mitra bisnis Edwin Soeryadjaya dan Boy Thohir, kakak dari Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara).

Tak heran, Budi Gunadi Sadikin, mantan Direktur Utama Bank Mandiri (BMRI), dilantik menjadi Menteri Kesehatan baru menggantikan dokter kontroversial Terawan. Budi sebelumnya menjabat wakil menteri BUMN bersama Kartiko (juga mantan Dirut Bank Mandiri).

Sementara itu, Rismaharini, Wali Kota Surabaya, dikukuhkan menjadi Menteri Sosial baru menggantikan sesama kader PDI-P Juliari Batubara, yang ditangkap KPK dalam kasus korupsi.

Menarik juga, M Luthfi diangkat menjadi menteri perdagangan. Luthfi baru saja diangkat menjadi Duta Besar Indonesia untuk AS. Usai meninggalkan jabatannya sebagai Duta Besar untuk Jepang, Luthfi terlihat bergabung dalam kampanye Jokowi pada 2019. Luthfi bukanlah nama baru di kementerian, karena pada tahun-tahun terakhir SBY pendahulu Jokowi, Luthfi diangkat menjadi menteri perdagangan menggantikan Gita Wirjawan.

Terakhir, Jokowi menggantikan Menteri Agama Fachrul Razi dengan Yaqut Cholil Qoumas, ketua GP Ansor, organisasi sayap pemuda Nahdlatul Ulama — organisasi Muslim terbesar di Indonesia. (yosefardi.com)

Comment

News Feed