by

Survei Elektabilitas: Prabowo & Ganjar bersaing ketat

-Profil-80 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Survei elektabilitas terbaru yang dilakukan oleh Vox Populi menemukan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat di puncak jajak pendapat. Prabowo yang kini menjadi Menteri Pertahanan adalah Ketua Umum Partai Gerindra. Ganjar, Gubernur Jawa Tengah, adalah politisi dari PDIP. Baik PDIP maupun Gerindra adalah koalisi pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Vox Populi melakukan survei elektabilitasnya dari 26 Desember hingga 31 Desember 2020 melalui telepon. Sekitar 1.200 responden di seluruh negeri terlibat.

Dalam jumpa pers yang digelar Selasa (5/1), Direktur Eksekutif Vox Populi Dika Moehamad mengungkapkan elektabilitas Prabowo dan Ganjar bersaing ketat di puncak jajak pendapat. Menurut Dika, elektabilitas Prabowo 18,9 persen, sedangkan Ganjar 18,5 persen. Jadi margin yang memisahkan Prabowo dan Ganjar hanya 0,4 persen.

Berbeda dengan survei Indikator Politik Indonesia (IPI) dan Charta Politika sebelumnya yang menempatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi ketiga, Vox Populi menilai elektabilitas Anies jauh di bawah Prabowo dan Ganjar yang hanya 7,7 persen. Menurut Vox Populi, elektabilitas Anies terus menurun dalam beberapa bulan terakhir.

Vox Populi menempatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan elektabilitas 12,8 persen. Di belakangnya adalah Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dengan elektabilitas 6,5 persen. Selanjutnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas 5,4 persen.

Vox Populi menilai elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan putra tertua mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedikit meningkat. Meski begitu, elektabilitas AHY tetap tidak signifikan. Menurut Vox Populi, elektabilitas AHY adalah 4,3 persen.

Menteri Sosial baru Tri Rismaharini tampil dengan elektabilitas 3,8 persen. Nama lain yang ditemukan Vox Populi adalah Ketua Umum Partai PSI Giring Ganesha (2,4%), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (2,1%), Ketua DPR Puan Maharani (1,4%), dan Menko Politik, Hukum & Keamanan Mahfud MD (1%).

Sementara mantan Panglima TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo tidak disebutkan dalam survei Vox Populi. Gatot, seperti kita ketahui, sangat mengidamkan kursi presiden. Dia sekarang menjadi ketua presidium kelompok oposisi baru KAMI bersama Din Syamsuddin dan Rochmat Wahab.

Meski demikian, perlu dicatat bahwa Vox Populi adalah salah satu lembaga pemungutan suara yang mendukung Prabowo di Pilpres 2014. Saat itu, Vox Populi memprediksi Prabowo akan memenangkan Pilpres 2014. Dengan latar belakang ini, beberapa orang mungkin mempertanyakan kemandirian Vox Populi dan keandalan surveynya. (yosefardi.com)

Comment

News Feed