by

Covid global memburuk, Indonesia akan lockdown?

-Nasional-290 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Kematian akibat COVID-19 diseluruh dunia melampaui 2 juta dan kasus positif (terinfeksi) naik di atas 96 juta pada hari ini (20/1), menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Pemerintah dan otoritas kesehatan di seluruh dunia telah memperingatkan tentang varian baru virus yang tampaknya lebih menular, dan banyak negara bergulat untuk memperlambat infeksi sampai vaksin tersedia secara luas.

AS tetap menjadi negara yang paling terpukul, setelah mencatat hampir 402 ribu kematian dan 24,25 juta kasus. Di tempat lain, Brasil melaporkan lebih dari 210 ribu kematian, diikuti oleh India (152,7 ribu), Meksiko (142,8 ribu) dan Inggris (91,5 ribu). Dua negara lain mencatat lebih dari 5 juta infeksi COVID-19: India (10,60 juta) dan Brasil (8,51 juta). Eropa, termasuk Prancis, Italia, Spanyol, dan Jerman, semuanya telah melaporkan lebih dari 2 juta infeksi sejak pandemi dimulai.

Di AS, Dr. Rochelle Walenksy, pilihan Presiden Biden untuk memimpin Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengatakan bahwa dia yakin AS akan memiliki cukup dosis vaksin untuk menyuntik 100 juta orang dalam 100 hari. Tim presiden terpilih Joe Biden telah memproyeksikan 100.000 kematian lagi dalam lima minggu pertama pemerintahan.

Di Eropa, kekhawatiran akan varian baru virus yang muncul menjadi lebih menular. Jerman diperkirakan akan memperpanjang dan memperketat penguncian (lockdown) saat ini hingga pertengahan Februari. Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol memiliki angka kematian tertinggi secara global. Inggris telah lockdown untuk ketiga kalinya. Lebih dari 4 juta orang telah menerima dosis pertama.

Komisi Eropa meminta negara-negara anggota untuk mempercepat peluncuran vaksinasi, harus memvaksinasi setidaknya 80 persen pekerja dan perawatan kesehatan, juga warga di atas usia 80 pada bulan Maret, dan setidaknya 70 persen dari seluruh penduduk pada musim panas ini. Pada saat yang sama, situasi epidemiologis di Spanyol terus memburuk, melaporkan 34.291 kasus baru. Di Asia, kekhawatiran akan meningkatnya infeksi virus lokal menjelang liburan Tahun Baru Imlek meningkat.

Untuk Indonesia, kasus aktif bertambah 12.569 kasus hari ini (20/1), sehingga kumulatif 939.948 kasus. Pasien yang pulih mencapai 9.755, secara kumulatif berjumlah 763.703. Kasus kematian 267, sehingga total 26.857. Pemerintah telah menetapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali selama 11 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021. Tampkanya akan diperpanjang, demikian penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah, mengingat kasus covid kian meningkat saat ini. Beberapa kalangan justru mendesak pemerintah untuk mengunci, menerapkan lockdown.

Comment

News Feed