by

Joe Biden, inspirator bagi orang Katolik yang buta hati?

-Profil-350 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden telah dilantik dan mulai berkerja, namun tantangan baginya muncul kasat mata, terutama penolakan pendukung setia Donald Trump, sosok Republican yang cenderung kapitalis.

Trump sukses mengalahkan Hillary Clinton pada pemilu AS sebelumnya berkat polarisme yang dibangun, dan kelompok male chauvinist condong pada Trump, karena Hillary dianggap seperti perempuan AS lainya dengan kemampuan atau kecerdasan rata-rata.

Lalu apa yang menarik dari Joe Biden? Sebuah sumber mengungkapkan pengalamannya ketika tinggal di Amerika, bahwa warga Amerika dengan ekonomi menengah ke bawah (kurang mampu/minoritas) cenderung menjadi Demokrat (paham/partai). Sementara warga yang semakin kaya, karena enggan dipajak, semakin menjadi Republican.

Tantangan berat Biden tentu menghadapi tekanan kaum kapitalis elit dan oligarki, pemerintahan lain di belakang pemerintah AS, yaitu “pemerintahan bayangan” (shadow government) atau inner state, yang adalah kelompok kepentingan modal multinasional di Amerika Serikat.

Dapat dikatakan bahwa kapitalis oligarki mengontrol segalanya di Amerika Serikat. Dalam survei “Orang yang Paling Dikagumi di Hati Orang Amerika” yang diterbitkan oleh perusahaan polling Amerika Gallup, Presiden AS Donald Trump dianugerahi gelar “Pria yang Paling Dikagumi”. Hal ini menunjukkan bahwa Trump benar-benar memiliki banyak pendukung.

Publik Indonesia tidak ketinggalan, terutama pendukung fanatik Trump, ikut sewot menyerang Biden. Sebagian kelompok Kristen menuduh Biden sebagai sosok yang pro aborsi, pro transgender, dan penyimpangan-penyimpangan lainnya. Mereka juga menuduh Biden menang voting dari orang mati dan imigran ilegal. Lebih kasar lagi, Biden disebut sosok pembual, penipu, mirip Obama, Presiden AS sebelumnya yang juga seorang Demokrat.

Kehidupan keluarga Biden pun jadi bahan cemoohan. Istri Biden sekarang adalah mantan baby sitter (pengasuh anaknya), karena istri pertamanya meninggal akibat kecelakaan. Ingat, istri Biden itu seorang doktor sekarang, dan itu haknya untuk menikah dengan Biden, seorang advokat Katolik yang oleh Kasih Karunia Allah diangkat menjadi orang nomor satu di Amerika, pun istrinya menjadi the first lady.

Rini Tarigan, seorang advokat Katolik, tidak membela Biden karena sama profesi atau sama keyakinan, tetapi prihatin pendukung Trump di Indonesia terlampau fanatik, seolah-olah Trump itu seorang pemimpin yang suci tanpa dosa. “Mari kita lihat apa yang dilakukan Joe Biden berikutnya. Jika terjadi apa-apa, orang Amerika yang bertanggung jawab untuk ambil tindakan nyata. Kenapa ada orang Indonesia yang ikut-ikutan benci Biden?” ujarnya saat dihubungi Redaksi eNBe Indonesia hari ini.

Romo Yohanes menulis dalam WA Group Alsemat Mataloko Flores, berkaca dari potret Joe Biden yang lebih banyak ditolak dan diremehkan, semoga Biden menjadi inspirator bagi umat Katolik karena masih banyak umat Katolik yang buta mata terhadap kejahatan di lingkup gereja, juga buta hati pada ketulusan dan pengorbanan para pimpinan umatnya. Pemimpin bukanlah manusia sempurna, tapi pemimpin selalu menjadi berkat bagi banyak orang.

Comment

News Feed