by

Berto Lalo, tokoh NTT dan Jakarta berpulang (terserang covid)

DEPOK (eNBe Indonesia) – Publik NTT berduka hari ini atas berpulangnya salah satu tokoh terbaik, Berto lalo yang meninggal akibat terserang covid-19. Sempat dirawat di rumah sakit WZ Johannes Kupang, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah NTT ini menghembuskan napas terakhis pada pukul 5.00 Witeng hari ini.

Berto Lalo, mantan Kepala Kantor Penghubung NTT di Jakarta, baru pada Januari 2021 dilantik menjadi kepala biro organisasi sekretariat daerah NTT, kemudian terpapar covid-19 di akhir bulan lalu.

Siska Lalo Tempoh, istri almarhum, mengabarkan jika suaminya sempat membaik setelah SPO2 (saturasi) turun ke 50, namun kegiatan berinteraksi aktif selama di rawat inap (sibuk menelpon) membuatnya sulit pulih seutuhnya, justru berbalik drop.

Pasien covid harus sungguh-sungguh dibantu oleh imun tubuh, dan jangan ada yang mengganggu mereka selama dalam perawatan. Apalagi almarhum Berto Lalo memang memiliki penyakit bawaan yaitu darah tinggi dan kolesterol, juga paru.

Publik NTT di Jakarta pun gempar hari ini, setelah info kepergian almarhum Berto Lalo bersiwelerang di WA group. Publik NTT Jakarta benar-benar kehilangan tokoh NTT terbaik di Jakarta. Berto Lalo adalah salah satu pemimpin yang berhasil mempersatukan masyarakat NTT diaspora di Jakarta. Jasa-jasanya terlalu banyak, terutama menghadirkan Sao Ria Ende dan Sao Ngada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pater Philipus Tule, SVD, Rektor Unwira Kupang, turut mengungkapkan duka mendalam atas kepergian almarhum Berto Lalo, sosok yang dikenal sangat dekat ketika Pater menjadi panelis seleksi pejabat pratama tingkat propinsi NTT.

“Baru saja beberapa bulan terakhir saya sangat intensif berkomunikasi dan berdiskusi dengan almarhum. Sejak masa Seleksi Pejabat Pratama Tingkat Provinsi sebagai salah seorang Panelis saya selalu mendengarkan pikiran-pikiran dan rencana-rencana briliannya untuk NTT. Terlebih lagi ketika almarhum usai dilantik sebagai salah seorang Kepala Biro. Dengan seberkas pengalaman mengesankan ketika kembali dari Jakarta sebagai Kepala Perwakilan NTT. Dia meninggal dengan membawa sertanya berbagai niat terobosan baru menuju NTT BANGKIT DAN SEJAHTERA.  Requiescat In Pace saudaraku Berto Lalo,” tulis Pater Philipus di WA Group Alsemat Nusantara.

Bersama Marselinus Ado Wawo, tokoh NTT di Jakarta, almarhum Berto Lalo menginisiasi berdirinya Ikatan Alumni Seminari Mataloko (Ikalsemat) Indonesia. Almarhum Berto juga sosok paling dicintai keluarga Ngada di Jakarta, juga keluarga Riung di Jakarta.

Comment

News Feed