by

Harga Cengkeh Turun, Ini Penyebabnya Versi Ahli

DEPOK (eNBe Indonesia) – Perkembangan harga salah satu komoditas perkebunan strategis Indonesia yakni Cengkeh terus mengalami penurunan harga sejak awal tahun 2021. Mulai di angka Rp63 ribu, hingga Rp48 ribu per kilogram-nya.

Komoditas cengkeh ini merupakan komoditi strategis andalan ekspor Indonesia. Di mana sebagian besar digunakan oleh industri dan hanya sedikit yang digunakan dalam rumah tangga.

“95 persen cengkeh itu diserap oleh industri rokok dan ternyata di masa pandemi permintaan rokok itu menurun dan dari situlah ada double impact yang mengurangi rokoknya, sehingga industri rokok juga mengurangi penggunaannya, sehingga mereka hanya menggunakan persediaan yang mereka miliki,” jelas ahli Bidang Ilmu Ekonomi Pertanian dari Institut Pertanian Bogor, Feryanto melalui wawancara Pro3 RRI, Selasa (16/2).

Selain itu, menurutnya ada suplay atau panen raya yang terjadi pada 2020 lalu, tidak terserap oleh pasar secara keseluruhan. Sehingga cengkeh tersebut menumpuk di pasar.

“Di satu sisi ekspor kita juga menurun terlihat dari permintaan dari luar negeri juga menurun, padahal dari tahun 2019 hingga 2021 ini tidak pernah mengalami kenaikkan,” jelasnya.

Untuk itu menurut dia, pemerintah harus mencermati permasalahan dengan seksama. Konkretnya yakni dengan melakukan pembatasan mengurangi jumlah impor cengkeh.

“Sehingga pasokan dari dalam negeri itu bisa terserap di pasar,” jelasnya kembali.

Ia juga meminta agar pemerintah dapat memfasilitasi industri rokok untuk dapat menyerap cengkeh yang ada di pasar lokal atau dapat menaikkan harganya kembali.

“Semoga dengan cara itu dapat membuat harga cengkeh tersebut naik kembali, kalau saya lihat untuk cengkeh ini harganya masih cenderung menurun namun tidak secara drastis,” pungkasnya.

Diketahui, data harga dikutip dari berbagai sumber menyatakan, pada Januari minggu pertama, harga cengkeh kering berada di angka Rp63 ribu per kilogram. Kemudian berangsur menurun di angka Rp60 ribu pada minggu kedua.

Lalu pada Januari minggu ketiga menurun di angka Rp55 ribu dan terus menurun di angka Rp53 ribu pada Januari minggu keempat.

Setelah itu masuk pada bulan Februari, harga cengkeh berada di angka Rp50 ribu. Adapun pada Februari minggu ketiga ini penurunan mencapai angka Rp48 ribu. (rri.co.id)

Comment

News Feed