by

Varian Baru Corona Ditemukan, Mampu Kecoh Antibodi

DEPOK (eNBe Indonesia) – Varian virus corona baru telah terdeteksi di Inggris dengan nama B1525. Mengutip The Guardian, Kamis (18/2), varian ini disebut mengkhawatirkan ilmuwan lantaran diperkirakan mengecoh antibodi manusia terhadap Covid-19.

Pengecohan ini dapat terjadi lantaran mutasi virus corona dari Afrika Selatan (E484K) telah mengubah spike protein. Spike protein digunakan untuk virus corona untuk menginfeksi sel manusia.

Virus corona varian B1525 yang diteliti peneliti dari University of Edinburgh ini ditemukan mencermati genom di 10 negara termasuk Denmark, Amerika Serikat, Australia, dengan 32 kasus ditemukan di Inggris.

B1525 punya kemiripan genom dengan varian B117 dan mengandung beberapa mutasi yang dikhawatirkan peneliti, termasuk mutasi E484K pada protein yang ditemukan di permukaan virus yang berperan penting untuk penetrasi ke dalam sel.

Mutasi E484K merupakan varian virus corona yang muncul di Afrika Selatan dan Brasil. Mutasi ini dinilai berbahaya sebab membantu virus menghindari antibodi dan diketahui memberi tingkat resistensi terhadap beberapa vaksin. (rri.co.id)

Comment

News Feed