by

Iblis bela Jokowi, Kesehatan jiwa warga NTT terancam

-Nasional-495 views

foto dr. Reisa Broto Asmoro

DEPOK (eNBe Indonesia) – Masalah kejiwaan menjadi perhatian serius pemerintah saat ini setelah bangsa ini dirundung pandemi covid-19 setahun terakhir. Juru bicara pemerintah dr. Reisa Broto Asmoro menegaskan meski lebih banyak warga Indonesia bisa beradaptasi dengan keadaan, terutama merespon pandemi, sebagian warga tak mampu mengatasi beban psikologis.

“Satgas penanganan covid-19 sangat menyadari ini, dan bidang perubahan perilaku satgas meluncurkan buku panduan kesehatan jiwa pada masa pandemi covid-19. Peran keluarga adalah pendukung utama,” ujar Reisa melalui channel youtube Sekretariat Presiden hari ini.

Saat covid-19 tiba, semua pergi menjauh, kaki gontai melangkah, beban terasa semakin berat. Siapa yang setia bersama kita? Dialah keluarga. Pandemi membuka mata tentang mutiara yang paling berharga, yaitu keluarga.

Setiap keluarga, pinta Reisa, wajib memberi dukungan emosional bagi anggota keluarga yang menjadi pasien atau penyintas covid-19, memberi dukungan informasi dari sumber yang valid, memberi penghargaan dan dukungan yang tulus atas semangat dan perkembangan pasien, dan memberi dukungan lainnya seperti memberi hadiah sesederhana apapun.

Bagi warga NTT, Reisa secara implisit menegaskan agar tidak lagi berkerumum seperti saat kunjungan Presiden di Sikka, Flores Selasa lalu. Meski jadi polemik, warga NTT harus tetap cerdas menentukan sikap, tidak terhibur oleh anggapan bahwa NTT masih aman dari pandemi covid-19.

Presiden Jokowi tidak butuh apresiasi berlebihan, termasuk apresiasi seorang iblis sebagai personifikasi salah satu youtuber, karena itu tugas negara untuk menghadirkan kemakmuran bagi warganya. Mungkin emosi jiwa tetap dikelola di setiap polemik yang muncul di tengah pandemi ini, agar warga NTT tidak kehilangan fokus untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (menjaga jarak aman atau tidak berkerumun, memakai masker, mencuci tangan). Jika tidak, maka kesehatan jiwa warga NTT bisa terancam.

Comment

News Feed