by

Nadiem: Semua Guru Punya Kesempatan Jadi ASN

JAKARTA (eNBe Indonesia) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) bagi guru honorer. Mendikbud Nadiem Makarim pun menyatakan bahwa semua guru memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi guru Aparatur Sipil Negara (ASN)

“Semua tentu memiliki kesempatan untuk membuktikan kelayakan menjadi ASN,” kata Nadiem dalam webinar Peluncuran program Guru Belajar dan Berbagi – Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja,” secara virtual, Rabu (3/3).

Lebih lanjut, Mendikbud Nadiem mengatakan dengan diluncurkannya program Guru Belajar dan Berbagi – Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja sebagai upaya dalam ketersediaan materi pembelajaran yang dapat diakses secara daring.

Tak hanya itu, para guru yang ingin mengikuti seleksi juga mendapatkan kesempatan sebanyak tiga kali. Sehingga peluang para guru honorer untuk menjadi PPPK terbuka sangat besar.

“Walaupun gagal pertama, maish ada kesempatan beberapa kali, yakni tiga kali untuk bisa lolos seleksi tes PPPK,” ujar Nadiem.

Ia pun mengatakan di tahun 2021 ini, pihaknya telah merancang rekrutmen guru ASN PPPK dengan kuota yang sangat besar yakni hampir satu juta orang, yang disesuaikan dengan kebutuhan guru di daerah masing-masing.

Meskipun seleksi guru PPPK pada tahun ini dilakukan secara daring, namun mantan CEO Gojek ini menegaskan bagi guru honorer yang lulus seleksi akan langsung diangkat menjadi PPPK.

“Dan seleksi ini terbuka untuk semua guru honorer dan lulusan PPG (Pendidikan Profesi Guru),” tandas Nadiem. (rri.co.id)

Comment

News Feed