by

WHO: Mengonsumsi Alkohol Berlebihan Berisiko Terpapar Covid-19

DEPOK (eNBe Indonesia) – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan jika orang yang mengonsumsi alkohol memiliki resiko terpapar covid-19 lebih tinggi. WHO menyebut jika penggunaan alkohol dalam jumlah banyak dapat melemahkan sistem imun.

“Alkohol membahayakan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko kesehatan lainnya. Setiap orang harus membatasi jumlah konsumsi alkohol selama pandemi COVID-19 berlangsung,” tulis pernyataan yang dikeluarkan WHO pekan lalu.

Selain itu, pernyataan WHO juga disertai dengan sebuah keterangan bahwa alkohol dengan kadar kuat tidak akan membunuh virus di dalam tubuh.

WHO juga mencatat jika alkohol berpotensi dapat membuat mengalami kesehatan mental, rentan terinfeksi corona, dan risiko kekerasan dalam rumah tangga.

Dikutip dari Hellosehat, Kamis (4/3), alasan lain mengapa minum alkohol justru tidak membunuh coronavirus, melainkan membahayakan kesehatan tubuh adalah dampaknya terhadap sistem kekebalan.

Begini, konsumsi alkohol terlalu banyak dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Akibatnya, fungsi bakteri baik di usus pun berubah. Kondisi ini juga dapat merusak sel-sel kekebalan utama di paru dan sel epitel yang melapisi organ pernapasan ini.

Kebanyakan orang mungkin tidak tahu bahwa kerusakan paru yang disebabkan oleh alkohol tidak terdeteksi. Hal ini ternyata bisa menyebabkan penyakit paru yang lebih parah. Maka dari itu, masyarakat diminta untuk mengurangi minum alkohol, terutama selama pandemi COVID-19.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari alkohol selama pandemi berlangsung.

1. Tetap menjalani aktivitas dan aturan seperti bekerja di kantor, yaitu tidak minum alkohol

2. Tidak menyimpan stok alkohol di rumah

3. Menghabiskan waktu dan uang untuk membeli dan memasak makanan sehat

4. Mengalihkan waktu luang dengan berolahraga di rumah. (rri.co.id)

Comment

News Feed