by

Pesawat Batik Air mirip JetBlue

DEPOK (eNBe Indonesia) – Pesawat Batik Air (ID-6803) yang mengalami kerusakan pada roda depan saat akan terbang menju Jakarta dari Jambi pada Sabtu pekan lalu (7/3) persis sama dengan kejadian pesawat JetBlue pada 8 tahun lalu. Jenis pesawat pun sama, maka Batik Air perlu mengevaluasi pembelian jenis pesawat ini.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Batik Air, mengatakan Batik Air, member of Lion Air Group, dengan penerbangan ID-6803 pada Sabtu–keberangkatan rute Bandar
Udara Sultan Thaha, Jambi (DJB) tujuan Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK)– telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Sebelum dioperasikan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUT telah menjalani pemeriksaan lebih awal yakni sebelum diterbangkan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang dan beroperasi (airworthy for flight).

Proses persiapan penerbangan selama di darat selesai, Batik Air penerbangan ID-6803 mengudara sesuai  jadwal keberangkatan.  Setelah lepas landas, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara keberangkatan (return to base/ RTB) dikarenakan ada salah satu indikator menyala di ruang kokpit (yang memberitahukan atau menunjukkan) kemungkinan ada kendala teknis (technical reason).

Dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, maka keputusan kembali ke bandar udara asal adalah tepat. Hal ini untuk segera dilakukan pemeriksaan dan pengecekan lebih lanjut padapesawat udara Airbus 320-200 registrasi PK-LUT.

Comment

News Feed