by

Kabupaten Nagekeo NTT Krisis Air Bersih

DEPOK (eNBe Indonesia) – Empat desa di Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih kesulitan mendapatkan air bersih. Keempat desa itu yakni, Desa Labulewa, Desa Ikidawe, Desa Tutubhada, Desa Odomia.

“Ada 4 desa yang terdampak, dan kita menemukian sekitar 5 ribu orang yang terdampak di keempat wilayah tersebut,” kata Project Lead Komodo Water, Prana Kesuma melalui wawancara Pro3, Selasa (9/3).

Prana juga menyatakan, bahwa masih banyak wilayah di Nagukeo yang terdampak masalah air bersih ini, jika pihaknya terus menelusuri.

“Rencanya kita akan melakukan survei-survei lagi terkait identifikasi lokasi-lokasi lain, karena kalau diperkirakan masih banyak wilayah yang terdampak,” jelas Prana.

NTT sendiri diketahui merupakan iklim kering dan memiliki banyak Savana di wilayahnya. Selain itu, intensitas hujan pun diwilayah tersebut terbilang kurang, apalagi di musim kemarau yang menjadikan mereka kekurangan air bersih.

“Memang dari tipe batuannya juga mereka sulit untuk memanfaatkan air, karena kan biasanya kita bisa mendapatkan dari tanah, kalau di NTT kebanyakkan wilayah tidak bisa menyimpan air dengan baik makanya kita sulit untuk menemukan sumber air,” jelasnya.

Jadi untuk mencari solusi dalam penanganan masalah ini, Komodo Water melakukan survei dan membuat rencana yang nantinya bisa berkembang di lapangan.

“Rencananya program kami nantinya bisa dikembangkan dengan beberapa skema, kebetulan juga Pemda disana mendukung karena ini memang merupakan masalah sudah lama,” jelasnya kembali.

“Dan dalam hal ini semua pemerintah dan intasnsi terkait disana sama-sama mendukung dan memfasilitasi survei kami ini,” pungkasnya. (rri.co.id)

Comment

News Feed