by

Peran Tokoh Islam di Indonesia Berpengaruh Besar

JAKARTA (eNBe Indonesia) – Islam dan Kebangsaan kita tentunya menginginkan sesuatu yang selaras dan harmonis di masa yang akan datang, karena sebagai umat muslim kita juga ingin kebanggaan rasa menghormati baik bagi umat agama lain.

Menurut Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini mengatakan peran tokoh-tokoh Islam dalam mengembangkan ajaran Islam di Indonesia sangatlah berpengaruh besar bagi kehidupan bangsa.

“Peran ulama dan tokoh-tokoh Islam, para santri itu luar biasa, sampai negara ini merdeka peran tokoh Islam itu merumuskan dasar-dasar berbangsa dan bernegara, maka lahirlah Pancasila sebagai dasar negara,” kata Jazuli melalui Bincang Khusus Pro3 RRI, Jumat (12/3).

Jazuli juga mengatakan perspektif nasionalisme dalam ajaran Islam, jika dilihat melalui sejarah Islam di Indonesia menjadi faktor penting tanpa mengabaikan peran-peran tokoh agama Islam yang lainnya.

Maka dari itu, untuk menciptakan prinsip bernegara, bangsa harus memiliki identitas.

“Saya agak aneh ketika ada orang mengembangkan anti identitas, jangan-jangan hal ini untuk mengganggu prinsip-prinsip berbangsa karena sebuah bangsa itu harus memiliki identitas,” katanya.

“Tokok-tokoh pendiri Islam di Indonesia ini telah memberikan contoh tentang moderasi Islam, dan tokoh Islam telah memberikan contoh untuk menjaga kebersamaan ini,” pungkasnya. (rri.co.id)

Comment

News Feed