by

7.925 Dokumen Warga Terdampak Bencana NTT Diganti

Depok (eNBe Indonesia) – KBRN, Jakarta: Ditjen Dukcapil Kemendagri bergerak cepat menerjunkan Tim Tanggap Bencana dan bersinergi bersama Dinas Dukcapil setempat untuk mengganti dokumen kependudukan warga terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Provinsi NTT dan NTB.

Tim tersebut telah berhasil mengganti 7.925 dokumen kependudukan di Provinsi NTT dan 409 dokumen kependudukan di Provinsi NTB.

“Saat tanggap darurat yang dituntut adalah kecepatan mengambil keputusan. Alhasil, berkat gerak cepat timtanggap bencana Dukcapil di NTT dan NTB, dokumen kependudukan yang sudah diterbitkan di Provinsi NTT masing-masing untuk kartu keluarga sebanyak 7.585 berkas, KTP elektronik sebanyak 154 keping, akta kematian 7 berkas, akta kelahiran 154 berkas dan akta perkawinan 25 berkas. Total 7.925 dokumen kependudukan langsung dibagikan kepada penduduk terdampak bencana,” kata Dirjen DUkcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di akun Instagram Kemendagri yang dilihat RRI.co.id, Rabu (14/4/2021).

Sementara itu, dikutip dari Antara, Tim Tanggap Darurat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melaporkan telah mencetak sebanyak 409 dokumen kependudukan untuk Provinsi NTB.

Direktorat Jenderal Kependudukan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri selalu proaktif melakukan operasi tanggap bencana dengan mengganti dokumen kependudukan kepada masyarakat korban bencana alam.

Mereka menerbitkan 110.000 dokumen kependudukan dan langsung dibagi kepada penduduk yang membutuhkan seperti saat banjir Kalimantan Selatan.

Begitu juga saat pasca gempa Sulawesi Barat, banjir di Jawa Tengah dan Jawa Timur, negara selalu hadir hingga ke pintu rumah penduduk melalui tangan dukcapil mengganti dokumen yang rusak atau hilang akibat bencana. (foto: Instagram Kupang Now) (rri.co.id)

Comment

News Feed