by

Kasus Covid-19 Tak Juga Turun, WHO: Jangan Lengah!

Depok (eNBe Indonesia) – KBRN, Jakarta: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan situasi covid-19 hingga saat ini belum juga berakhir.

WHO mencatat jumlah kematian akibat covid-19 selama empat pekan telah meningkat.

Kepala Teknis WHO, Maria van Kerkhove, mengatakan jika pekan lalu tercatat 4,4 juta kasus infeksi covid-19 secara global.

“Ini bukanlah situasi yang kami inginkan dalam 16 bulan selama pandemi, yang mana kami telah membuktikan langkah-langkah pengendalian. Ini waktunya setiap orang harus memeriksa kenyataan tentang apa yang perlu kami lakukan,” katanya dalam konferensi pers, seperti dikutip CNN.

Menurut penuturan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, beberapa negara di Asia dan Timur Tengah telah mengalami peningkatan kasus infeksi corona yang signifikan.

Ia menyebut kebingungan, kepuasan diri dan inkonsistensi tindakan di tengah masyarakat menjadi faktor utama lonjakan kasus.

Lonjakan kasus itu terjadi, meski lebih dari 78 juta dosis vaksin corona diberikan di seluruh dunia. Tedros mengungkapkan walaupun vaksin merupakan salah satu cara meredam pandemi, tetapi bukan satu-satunya langkah untuk menekan lonjakan kasus.

Tedros menekankan bahwa langkah-langkah kesehatan masyarakat yakni pemakaian masker, menjaga jarak, ventilasi, kebersihan tangan, pengawasan, pengujian, penelusuran dan isolasi dapat menghentikan infeksi virus corona dan menyelamatkan nyawa.

“Diperlukan pendekatan yang konsisten, terkoordinasi dan komprehensif,” ujarnya. (rri.co.id)

Comment

News Feed