by

Pulau Paskah, Pulau Kecil yang Muncul di Rote Pasca-badai Sejora Masih Perlu Diteliti

Depok (eNBe Indonesia) – Pulau kecil muncul di perairan Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah badai dampak kelahiran siklon tropis Seroja. Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi mengatakan perlu penelitian apakah pulau itu muncul akibat fenomena siklon Seroja.

Beliau menyatakan bahwa pihaknya meneliti terkait pulau baru yang disebut-sebut muncul setelah terjadi banjir bandang dan longsor dampak dari siklon tropis Sejora yang terjadi di wilayahnya pada Minggu (4/4) lalu. Josef mengaku belum bisa menentukan apakah pulau baru NTT yang berada di wilayah Dusun Sai, Desa Tolama, Kecamatan Loaholu, Kabupaten Rote Ndao itu benar-benar daratan baru atau sebetulnya sudah ada sebelumnya. “Ini mesti kita uji dulu apakah ini memang akibat bencana kemarin atau memang biasa di NTT banyak sekali pulau yang begitu hujan dia tenggelam tapi begitu airnya surut muncul kembali, perlu penelitian lebih lanjut,” jelas dia.

Ia menerangkan pulau itu kali pertama ditemukan warga setempat yang lalu melaporkannya ke aparat pemerintah. Namun, dia juga belum bisa memastikan terkait kandungan tanah dan kebenaran pulau baru ini. Untuk saat ini kata Marius, perkiraan pulau baru tersebut memiliki luas sekitar 100 meter persegi.

“Dugaan kita itu sementara apakah sedimentasi yang dibawa dari tengah laut, itu tentu perlu penelitian geologis,” kata dia.

Dari pengamatan mata telanjang, katanya, pulau tersebut dipenuhi bebatuan dan pasir. Dia pun berharap ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keberadaan pulau baru tersebut. Apalagi, sambungnya, bila di bawah permukaan itu juga ada kemungkinan terdapat kandungan lava dari gunung merapi.

Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan warga mengusulkan pulau itu dinamai ‘Pulau Paskah’. Namun pemerintah daerah belum membahas peresmian nama pulau itu. Sebab, pemerintah saat ini masih fokus pada penanganan korban bencana di NTT.

Comment

News Feed