by

Proyek Strategis Internet di Paniai

PANIAI (eNBe Indonesia) – Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas turun lapangan meninjau proyek strategis Nasional Palapa Ring Timur di Kabupaten Paniai Papua, Kamis (15/4).

Anggota Fraksi Partai Gerindra itu langsung mencoba akses internet langsung dari lokasi yang disaksikan langsung Bupati Paniai Meki Nawipa dan Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa. “Semangat kepala daerah berjuang mempercepat pembanguan daerah harus kita apresiasikan,” kata Yan.

Kunjungan kerja khusus itu dilakukan untuk melihat kesiapan langsung BAKTI KOMINFO dan penyedia jasanya PT Palapa Timur Telematika (PTT) memenuhi kebutuhan internet warga Kabupaten Panai, Deiyai, dan Kabupaten Dogiyai Papua.

Yan mengatakan, pihaknya terus mendorong Kementerian Kominfo untuk mempercepat pembangunan akses telekomunikasi di seluruh daerah 3T (daerah tertinggal, terdepan dan terluar), baik Papua maupun di wilayah Indonesia lainnya.

Selaku anggota DPR daerah pemilihan Papua dirinya siap memperjuangkan aspirasi warganya di tingkat nasional.

“Sesuai target masyarakat tiga kabupaten tersebut dapat menikmati internet saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus tahun ini,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Paniai Meki Nawipa mengaku pemerintah kabupaten Paniai sudah siap 100 persen menuntaskan proyek tersebut.

Diharapkannya akan menajadi kado warganya saat ulang tahun Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus nanti. “Saya ingin pada tanggal 17 Agustus semua warga disini sudah bisa menggunakan internet.Program cepat ini sangat berdampak positif bagi pembangunan lainnya,” jelasnya.

General Manager Telkom Indonesia Papua Barat Djoni berjanji akan memenuhi tantangan Pemerintah Kabupaten Panai, Deiyai, dan Kabupaten Dogiyai Papua yang memasang target bulan agustus nanti semua warga bisa menggunakan internet.

Saat ini pihaknya telah melakukan pemetaan di tiga kabupaten dan pengiriman barang dari jakarta seperti tiang dan kabel viber optik akan segera dilakukan.

“Apa yang diinginkan akan segera kita realisasikan. Kami mohon dukungan para kepala daerah ini bisa membantu kami sehingga prosesnya bisa selesai sesuai target,” harapnya.

Palapa Ring-Timur sudah dibangun sejauh 4.450 KM yang terdiri dari sub marine cable sejauh 3.850 km dan land cable sepanjang 600 KM dengan landing point sejumlah lima belas titik pada 21 kota/kabupaten. Jaringan tersebut berkapasitas 100 GB (Upgradeable 160 GB) dengan mengusung konsep ring, dua pair (empat core). (rri.co.id)

Comment

News Feed