by

Target Menkes: 2030 Indonesia Indonesia Bebas Malaria

-Nasional-40 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah menargetkan di tahun 2030 Indonesia sudah menjadi negara bebas malaria.

“Kita harapkan 2030 Indonesia bebas malaria. Pada tahun 2024, kita mengharapkan 405 dari 415 kabupaten sudah bebas malaria dan kita targetkan tahun ini 345 kabupaten bebas malaria,” kata Budi dalam acara penyerahan Sertifikat Eliminasi Malaria kepada 12 bupati/wali kota, yang diunggah di akun Youtube Kemenkes, Selasa (27/4).

Indonesia yang merupakan negara tropis, hal itulah yang menurut Budi, menimbulkan berbagai penyakit menular, di antaranya malaria, TBC masih ada di tengah menjadi pandemi, Covid-19.

Oleh karena itulah, ia mendorong kerja sama seluruh komponen bangsa untuk menghilangkan, mengeliminasi, dan mengeradikasi seluruh penyakit menular di Indonesia.

“Kami benar-benar membutuhkan kerjasama yang baik dengan seluruh komponen bangsa, memanfaatkan seluruh modal sosial yang kita miliki untuk bisa menghilangkan, mengeliminasi dengan eradikasi seluruh penyakit menular yang ada di Indonesia,” ujar Budi.

Penerapan protokol kesehatan pun, lanjut Budi, menjadi salah satu prosedur dalam penanganan penyakit menular apapun sehingga dibutuhkan keterlibatan pemimpin daerah untuk mensosialisasikan dan mengimplementasinya.

“Untuk mengerakkan seluruh rakyat tidak mungkin kami bergerak sendiri, ini betul-betul membutuhkan bantuan (kepala daerah),” ucapnya.

Menurut Budi, protokol kesehatan dalam malaria adalah dengan memastikan jentik-jentik nyamuk di dalam genangan air bisa teridentifikasi dan tertangani dengan baik.

“Mustahil saya mampu melakukan ini tanpa dukungan dan kepemimpinan Bapak Ibu dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat di daerah yang Bapak Ibu pimpin,” tandas Budi.

Adapun 12 kabupaten kota yang menerima sertifikat eliminasi malaria yakni, Kabupaten Lubuklinggau, Kota Singkawang, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Bolaang Mongondouw, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Sinjai, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, dan Kota Kupang. (rri.co.id)

Comment

News Feed