by

Ibadah Paskah FKKUKD: Orang Kristen itu rukun

-Berita-367 views

DEPOK (eNBe Indonesia) – Ditengah kehidupan yang terpuruk oleh tekanan akibat wabah pandemi covid-19, umat Kristiani justru terpanggil untuk semakin solider, dan semakin beriman. Forum Komunikasi dan Kerjasama Umat Kristiani Kota Depok (FKKUKD) mempertegas panggilan rohani ini dalam Ibadah Paskah Kota Depok tahun 2021, dalam tema ‘Semakin Solider dan Semakin Beriman’ (Kisah Para Rasul 2:41-49).

Ibadah Paskah ini diselenggarakan pada 18 April 2021 (Minggu) di Gereja Baptis Indonesia-Depok,  Jalan Bungur, Pancoran Mas, dihadiri para pendeta dan para romo, dimeriahkan oleh puji-pujian paskah dari tim musik/singer Gereja Baptis Indonesia Depok (dipimpin Pendeta Yohanes), paduan suara lansia Gereja Katolik Santo Markus Depok, paduan suara Gereja Baptis Indonesia Depok, dan paduan suara Gereja Masehi Advent Hari ke-7.

Pdt. James Ricky Burnama sebagai Ketua Panitia meneguhkan bahwa hanya berkat pertolongan Tuhan, acara Paskah FKKUKD Tahun 2021 bisa terlaksana penuh sukacita, termasuk kegiatan bakti sosial Paskah di Panti Asuhan Fajar Baru Cimanggis.

Pdt. Yohanes, dari Gembala Sidang Gereja Baptis Indonesia-Depok, sebagai master of ceremony, menyerukan bahwa saat ini gereja sedang menghadapi tantangan, khususnya oleh pandemi virus corona. “Gereja seperti bahtera, sedang mengarungi tantangan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dan hanya kepada Yesus Kristus kita bersandar dan berharap.”

Romo (RD) Yosep Sirilus Natet, Pastor Paroki Herkulanus Depok, mengajak umat Katolik dan jemaat Kristiani untuk memuji Tuhan agar mendapat rahmat keselamatan dan kebahagiaan. “KemuliaanMu hadir dalam kebersamaan kami malam ini untuk menjadi saksi-saksimu di Kota Depok ini. Cara hidup para rasul disenangi semua orang karena saling mengasihi.”

Pdt. Dr. Imanuel Sukardi, M.Th., yang tampil sebagai pengkotbah, mempertegas pernyataan Yesus sendiri sebagaimana ditulis Yohanes (pasal 13 ayat 34 dan 35). “Aku memberikan perintah baru kepada kamu yaitu supaya kamu saling mengasihi sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu bahwa kamu adalah murid-muridKu yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

Pdt. Sukardi, yang juga Ketua STTII Jakarta dan Dosen STT Baptis Jakarta, menandaskan bahwa umat Kristiani dipanggil Yesus untuk mengembangkan sebuah gaya hidup baru. “Kita dipanggil Yesus untuk saling mengasihi sebagai gaya hidup baru yang khas bagi kita yang akhirnya akan menjadi identitas baru kita yang khas juga,” ujarnya berapi-api.

Pendeta Sukardi menjelaskan bahwa hal mengasihi itu berarti menjadi dekat dan memberi. Perintah mengasihi sudah ada dalam Ulangan pasal 6. Demikian dalam Kitab Imamat, Yesus ditanya para ahli taurat, hukum apa yang terutama. Dan Yesus menjawab, ‘Kasihilah Tuhanmu dan sesamamu!.

Sedangkan perintah Yesus yang baru, menurut Pendeta Sukardi, adalah mengasihi menjadi gaya hidup baru dengan standar baru. “Yesus menjadi dekat dengan kita tanpa batas dan memberi tanpa sisa. Manusia bukan lagi hamba tapi sahabat di mata Yesus. Dan Yesus mengasihi kita tanpa alasan. Dia tetap taat meski harus mati.”

Pendeta Sukardi akhirnya berpesan, agar umat Kristiani tidak terlalu memperhatikan diri sendiri, status sosial, kedudukan, keberadaan, karena akan sulit untuk menjadi dekat dengan orang lain. “Saling mengasihi itu identitas Kristen. Yesus minta begitu. Prinsip saling mengasihi, berulang-ulang, jadi kebiasaan, karakter, dan menjadi identitas. Jangan sampai orang Kristen kekurangan gaya hidup penginjilan (evangelism lifestyle). Injil harus tetap berkembang, jangan terhambat oleh gaya hidup orang Kristen yang sangat lemah.”

Pendeta Sukardi sekali lagi mengakui jika dirinya dan saudara tuanya memilih pindah menjadi Kristen karena melihat kehidupan orang Kristen yang rukun. Dan prinsipnya, cara hidup itu menjadi penting dan penentu bagi orang lain.

Pdt. Martin Luther Batubara, M.Th., Ketua FKKUKD, mengatakan perayaan Paskah tahun ini diselenggarakan dalam kondisi yang istimewa, dalam situasi new normal. “Paskah ini mendorong kita untuk terus beriman kepada Tuhan, sekaligus berpengharapan pada Tuhan.”

Kapolres Kota Depok, yang diwakili oleh Kasad Intelkam Kompol Ronny Wowor, AMD, juga menyapa dan memberi dukungan bagi setiap kegiatan FKKUKD.

RD. Gregorius Agus Edi Cahyono, Pastor Kepala Dekanat Utara Keuskupan Sufragan Bogor mengakui gembira karena banyak Romo/Pastor Katolik menghadiri Acara Paskah FKKUKD tahun ini, sekaligus mengapresiasi dukungan dari perwakilan Katolik di panitia paskah seperti Hadasa Scholastica Rini Tarigan Sibero (seksi dana) yang juga Ketua FMKI Kota Depok, dan dh Antonius Mulyanto (bendahara), Johanes Junianto Witjaksono (seksi acara), dan Ignatius Yudistiro Sampurna (seksi publikasi).

Panitia FKKUKD juga mengapresiasi umat Kristiani yang turut memeriahkan acara paskah dengan peneguhan iman yang luar biasa, ditulis di kolom chat youtube channel FKKUKD. Daniel Sianturi menulis, “Semoga Paksah 2021 ini semakin menpersatukan umat Kristiani Kota Depok, mari kita bersatu untuk kesatuan Tubuh Kristus. Amin”

Sementara Lidia Krisdiati menulis, “Tuhan rela mati dan berkorban bagi kita dan bangkit bagi kita. Kiranya pengorbanan Tuhan Yesus Kristus bisa mengubah hidup kita. Selamat paskah 2021.” Daniel dan Lidia mendapat doorprize dari panitia berupa pulsa HP.

Berikut, pendeta, pastor, dan jemaat yang turut hadir Ibadah Paskah FKKUKD tahun 2021, antara lain;

  1. Pdt. John Lasden Sinaga : GMAHK Depok Baru
  2. Pdt. Sendy Marbun : GMAHK Depok Timur
  3. Pdt. Manur Simbolon : GMAHK Solideo
  4. Pdt. Welly Cyrus : GMAHK Mahanaim Kostrad Cilodong
  5. Pdt. Erwinto. Simbolon : GMAHK Inkovad
  6. Pdt. Janeman M. Latupeirissa, M.Th. : GPIBI EL-Shammah Sawangan Depok
  7. Pdt. Dr. Daniel Nainggolan : GPIBI EL-Gibor
  8. Pdt. Dr. Imanuel Sukardi : Pengkhotbah
  9. Pdt. Martin Luther Batubara, M.Th. : Ketua FKKUKD
  10. Pdt. James Hursina : Gereja Advent
  11. Pdt. Hengky : GKBJ
  12. RD. Yosep Sirilus Natet : Pastor Paroki Santo Herkulanus, Depok Jaya dan juga Perwakilan Gereja Katolik Dekanat Utara Keuskupan Sufragan Bogor di Forum Komunikasi dan Kerjasama Umat Kristiani Kota Depok
  13. RD. Gregorius Agus Edi Cahyono : Pastor Paroki Santo Markus, Depok 2 Timur dan Pastor Kepala Dekanat Utara Keuskupan Sufragan Bogor
  14. RD. Stefanus Edwin Ticoalu : Pastor Paroki Santo Thomas, Kelapa Dua – Cimanggis, Depok
  15. RP. Agustinus Anton Widarto, OFM : Pastor Paroki Santo Paulus, Depok Lama
  16. RD. Fransiskus Joko Umbara : Pastor Vikaris Paroki Santo Matias, Cinere
  17. Bapak Daud Manurung : Perwakilan Umat dari Paroki Santo Matheus, Depok 2 Tengah. Mewakili Pastor Paroki Santo Matheus, Depok 2 Tengah: RD. Petrus Jimmy Rampengan dan umat paroki.

Comment

News Feed