by

Berpulangnya Mastermind YOSEPH NUGA & Homestay Pajoreja

-Profil-309 views

Oleh Bruno Sanda & Tim Redaksi

PAJOREJA (eNBe Indonesia) – Warga Kampung Pajoreja, Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo saat ini berduka karena salah satu tokoh (mastermind) Yoseph Nuga wafat/berpulang pada 9 Mei 2021 lalu di usia 78 tahun. Yoseph Nuga adalah satu dari tokoh penting yang telah banyak berbuat jasa untuk perkembangan dan kemajuan kampung Pajoreja dan Desa Ululoga.

Almarhum Yoseph, lahir 5 Maret 1943 dan dikaruniai 5 anak bersama istrinya almarhumah Rosalin Ndetu. Yoseph Nuga adalah figur yang selalu menjadi penengah yang baik, dan selalu menjadi tetua (mosa kisa laki ndena) dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam kampung (ndii nua nee mera ola).

Selama hidupnya almarhum juga banyak mengemban tugas dan jabatan baik di bidang pemerintahan, pendidikan maupun kerohanian.  Di bidang pemerintahan, almarhum selalu menjadi pamong desa selama beberapa periode, dan juga pernah menjadi Penjabat Desa Ululoga, yang berperan dalam menginisiasi pembukaan jalan desa dan jalan dusun di desa Ululoga.

Di bidang kerohanian almarhum pernah menjabat sebagai koordinator lingkungan Pajoreja-Nuamuri selama beberapa periode. Almarhum juga adalah tokoh penggerak di balik kesuksesan acara besar syukuran tahbisan imam sulung lingkungan Pajoreja-Nuamuri, Pater Sebastianus Ndona, SVD tahun 1984.

Di bidang pendidikan almarhum adalah salah satu tokoh perintis pembangunan SDI Kajusopi. Almarhum bersama tokoh-tokoh Pajoreja waktu itu rela berjalan kaki dari Mauponggo menuju Bajawa, hanya untuk mengurus perlengkapan persyaratan terbentuknya SDI Kajusopi.

Almarhum juga sukses mendidik anak-anaknya, antara lain Jhoni Beu, ASN Guru Bahasa Inggris di salah satu SMA di Kota Kefamenanu, dan Grasia Wea, ASN Guru di Sulawesi. Almarhum Yoseph Nuga boleh dikatakan sosok mastermind, karena mampu menciptakan hal-hal baru, memiliki kemampuan intelektual yang mumpuni, dan tentu kearifan untuk meningkatkan kehidupan dan peradaban di wilayah Desa Ululoga.

Kepala Desa Ululoga, Petrus Leko, sangat mengapresiasi tokoh-tokoh di Desa Ululoga, termasuk almarhum Yoseph Nuga, yang dengan setia dan kerja keras membangun wilayah. “Kami saat ini, walau dengan banyak kekurangan, sedang mengembangakan Kampung Pajoreja sebagai destinasi wisata budaya dan alam,” ujarnya saat diwawancara Redaksi eNBe Indonesia hari ini.

Hingga saat ini, lanjut Petrus, telah disiapkan 19 rumah warga untuk dijadikan homestay, dan beberapa kegiatan kedinasan, termasuk BOP Labuan Bajo, diselenggarakan di Kampung Pajoreja. “Pak Bupati sedang berusaha meminta Kementerian Pariwisata untuk mengadakan Rakor di Kampung Pajoreja pada bulan September 2021 ini.”

Comment

News Feed