by

Umat Muslim Kunjungi Tempat Wudu Alami di Kaki Gunung Ebulobo

Laporan Bruno Sanda

PAJOREJA (eNBe Indonesia) – Umat Muslim Tonggo dan Remaja Mesjid Mauponggo datang mengunjungi tempat Wudu Alami di Pajoreja, kaki gunung Ebulobo, Nagekeo, Flores di Hari Lebaran ini.

Tempat Wudu ini menjadi viral belakangan ini setelah Pemerintahan Desa Ululoga, Kecamatan Mauponggo menetapkannya sebagai obyek wisata baru, selain wisata alam (view yang indah dan pendakian ke puncak Gunung Ebulobo) dan wisata budaya.

Kepala Desa Ululoga, Petrus Leko, menerima kunjungan umat Muslim dan menyampaikan narasi khas tentang tempat wudu alami tersebut.

Dikisahkan kala itu seorang pria bernama Moni Bu’u dari Pajoreja mempersunting seorang gadis bernama Buka Oma (Embu Mbuka), seorang muslimah yang berasal dari kampung Tonggo. Demi cinta dan kemudahan sang istri dalam menunaikan ibadah sholatnya, sang Moni Bu’u membuatkan sebuah tempat berwudhu untuk sang istri berupa lubang kecil sedalam 1,5 meter disamping pohon Nengi. Selanjutnya Buka Oma melakukan sholat di atas sebuah batu lempeng di samping sumber air tersebut.

Diceritakan ketika kampung lama Pajoreja dilanda kekeringan, warga memanfaatkan sumber air ini untuk kebutuhan air di kampungnya. Dan meskipun diambil terus menerus, sumber air ini tidak pernah mengering, bahkan hingga kini.

Alamsyah Puasaba, wartawan senior dari Tonggo dan tinggal di Jakarta, mengatakan keluarga Muslim yang berkunjung ke Pajoreja adalah anak turunan dari saudara Embu Mbuka, yang diwakili anak embu Pua Mbey-Kakajodho. “Mereka berkunjung dan mencari tahu napak tilas perjalanan Embu Mbuka (Buka Oma), di tanah Pajorejo,” ujarnya kepada Redaksi eNBe Indonesia.

Comment

News Feed