by

Daftar 30 Desa Wisata Tematik di NTT

JAKARTA (eNBe Indonesia) — Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dikaruniai kekayaan alam dan budaya luar biasa yang bisa menjadi destinasi wisata.

Keindahan destinasi wisata ini kerap membuat para pelancong ingin berlama-lama menghabiskan waktu di provinsi kepulauan bagian selatan Indonesia ini.

Salah satu destinasi paling populer dan eksotik di NTT adalah Labuan Bajo. Destinasi di ujung barat Pulau Flores ini telah ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai kawasan wisata super premium.

Di Labuan Bajo, para pelancong, selain menyaksikan langsung reptil purba Komodo di TN Komodo, juga bisa menikmati keindahan savana, laut dan matahari terbenam sekaligus.

Ada Pulau Padar, Pulau Kanawa, Pulau Kelor dan Pulau Rinca serta Bukit Cinta dan Puncak Waringin yang bakal membuat pelancong betah. Daya tariknya telah memikat turis asing dan juga lokal untuk berkunjung.

Baca juga: Vasanta Memulai Pembangunan Proyek Terpadu Mawatu di Labuan Bajo

Luncurkan 30 Desa Wisata Tematik di NTT

Baru-baru ini, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) meluncurkan Travel Pattern (Peta Perjalanan) 30 desa wisata tematik.

Peluncuran dilakukan dalam kegiatan Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) ke-7 di Nusa Dua ali, 8-12 Juni 2021, bertujuan menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara maupun domestik untuk berwisata ke NTT.

Dari peta tersebut, BPOLBF berikhtiar mengintegrasikan Labuan Bajo dengan destinasi wisata lain di Flores dan Lembata serta Alor di bagian timur.

Dengan begitu, ketika berwisata ke NTT, para pelancong tidak saja mengunjungi Labuan Bajo, tapi juga akan mengelilingi Pulau Flores hingga Pulau Alor.

Direktur BPOLBF Shana Fatina dalam suatu kesempatan mengatakan, 30 desa wisata tematik akan menjadi pilot project pengembangan wisata terintegrasi di Provinsi NTT.

“Travel pattern desa wisata tematik ini menambah variasi produk pariwisata dan ekonomi kreatif yang semakin memperkuat kekhasan karakter destinasi Labuan Bajo Flores,” ujar Shana.

Baca juga: Kominfo Siapkan Infrastruktur Digital untuk Pre-Event G-20 di Labuan Bajo

Daftar 30 Desa Tematik

Adapun 30 desa wisata tematik di NTT tersebar di 10 kabupaten, dengan 8 kabupaten ada di Pulau Flores, sedangkan 2 kabupaten di bagian timur Flores, yaitu Lembata dan Alor.

Dari informasi yang diterima Enbe Indonesia dari BPOLBF, Selasa (22/6), berikut daftar 30 desa wisata tematik:

1. Manggarai Barat

– Desa Komodo
– Desa Pasir Panjang
– Desa Papagarang
– Desa Batu Cermin
– Desa Golo Bias
– Desa Gorontalo
– Desa Rangko
– Desa Galang
– Desa Loha

2. Manggarai
– Desa Liang Bua
– Desa Todo
– Desa Wae Rebo

3. Manggarai Timur
– Desa Colol
– Desa Golo Loni

4. Ngada
– Desa Gurusina
– Desa Torolela

5. Nagekeo
– Desa Pajoreja
– Desa Kawa

6. Ende
– Desa Nggela
– Desa Detusoko

7. Sikka
– Desa Nita
– Desa Koja Doi

8. Flores Timur
– Desa Lewokluok
– Desa Lama Helan

9. Lembata
– Desa Lolong
– Desa Bean

10. Alor
– Desa Takpala
– Desa Matalafang

Selain 30 desa wisata tematik di NTT, BPOLBF dalam rancangannya juga memasukkan dua desa dari wilayah Provinsi NTB dalam peta perjalanan wisata ke Labuan Bajo.

Kedua desa di NTB yang dipilih dalam jalur perjalanan tersebut, yaitu Desa Sari dan Desa Bajo Pulo.*

Penulis: Denis Deha

Comment

News Feed