by

Hingga 27 Juni, AHP Buka Pendaftaran Bantuan Modal Usaha Rp20 Juta

JAKARTA (eNBe Indonesia) — Anggota Komisi X DPR RI asal NTT Andreas Hugo Pareira (AHP) menyalurkan bantuan modal usaha untuk para pelaku ekonomi kreatif di Flores, Lembata dan Alor (Florata) senilai Rp20 juta per usaha.

Pendaftaran penerimaan bantuan bertajuk Bantuan Insentif Pemerintah Jaring Pengaman Usaha (JPU) Aspirasi ini telah dibuka sejak 16 Juni akan ditutup pada 27 Juni 2021, akhir pekan ini.

AHP mengatakan bahwa program ini merupakan program bantuan berupa uang tunai yang langsung disalurkan kepada peserta yang lolos seleksi.

Adapun sektor usaha yang akan mendapat bantuan ini merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman (kuliner), busana dan tenun (fashion), dan kerajinan tangan (kriya).

Politisi PDIP asal Maumere ini menekankan bahwa program ini tidak dipungut biaya sekaligus menunjukan komitmen AHP untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif di Florata sehingga para pelaku ekraf dapat menghidupkan lagi usahanya yang sempat terganggu ataupun terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Harapan saya, peluang yang ada ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku ekonomi kreatif untuk mendaftarkan usahanya sehingga selain membuka peluang untuk mendapatkan dana bantuan, juga bagi para pemilik usaha bisa belajar mempersiapkan diri dengan kelengkapan syarat-syarat administrasi dan pengalaman bila ada bantuan-bantuan serupa di waktu yang akan datang,” tulis AHP di laman Facebook-nya, dikutip Jumat (25/6).

Tahapan Pendaftaran

Adapun tahap pendaftaran penerimaan bantuan ini adalah sebagai berikut:

1. Mendaftarkan Nomor Induk Berusaha di Online Single Submission (OSS) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di website https://oss.go.id/…/content/panduan_non_perseorangan.

2. Setelah mendapatkan NIB, daftarkan usaha anda melalui Contact Person BIP JPU Aspirasi Dr. Andreas Hugo Pareira di nomor 08112222190 / 08172362276 dengan format: Nama Pemilik/Penanggung Jawab Usaha, Sektor Usaha antara lain: Makanan dan Minuman (Kuliner), Busana dan Tenun (Fashion), dan Kerajinan Tangan (Kriya), Jenis Usahanya, Kabupaten dan Kota Asal, dan No. Handphone yang bisa dihubungi (harus memiliki Whatsapp). Calon penerima bantuan akan mendapatkan informasi mengenai Petunjuk Teknis dan kelengkapan yang harus disiapkan untuk ikut sebagai calon penerima program BIP JPU Aspirasi AHP ini.

3. Setelah mendaftarkan di Contact Person BIP JPU Aspirasi Dr. Andreas Hugo Pareira, segera masuk ke link http://bip.kemenparekraf.go.id/ untuk melakukan registrasi dan log in.

4. Setelah proses registrasi dan log in berhasil, calon penerima mengisi proposal yang telah disiapkan serta mengisi kelengkapan syarat dan data sesuai petunjuk teknis yang diberikan oleh Contact Person BIP JPU Aspirasi AHP.

5. Setelah semuanya lengkap, tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi oleh tim khusus untuk mengecek kelengkapan dan kebenaran data dan dokumen.

6. Setelah lolos tahapan seleksi administrasi tim kurator akan melakukan seleksi substansi proposal dengan nilai yang sudah dipersyaratkan oleh Tim Kurasi.

7. Setelah lolos tahapan seleksi substansi proposal, Menparekraf akan menetapkan surat keputusan calon penerima berdasarkan usulan Tim Kurator diatas dimana setelahnya calon penerima akan mengikuti workshop dan pengikatan komitmen dalam perjanjian kerja sama.

8. Setelah itu dana bantuan akan dicairkan dan dikirimkan langsung ke nomor rekening usaha (bukan perorangan) yang sudah didaftarkan oleh calon penerima yang harus diikuti dengan laporan pertanggung jawaban, monitoring, pengendalian dan evauasi.*

Penulis: Denis Deha

Comment

News Feed